cara menjahit sabuk karate

untuk postingan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara menjahit sebuah sabuk karate, kebetulan saya mendapatkan pekerjaan membuat 20 sabuk karate, oleh karenanya saya jadikan saja sebagai bahan untuk postingan kali ini.
membuat sabuk karate tidaklah sukar, penjahit pemula yang baru bisa menjahit lurus sekalipun bisa melakukannya, namun mungkin saat ini anda belum tahu berapakah ukuran panjang dan lebar sebuah sabuk karate ini, juga bahan kain apakah yang cocok untuk dibuat sabuk dan apa isiannya.

sebelum melangkah ke tutorial, disini saya akan memberikan dahulu sedikit pengetahuan mengenai sabuk ini, yaitu sabuk tersebut terdiri dari 8 warna, yang masing masing warna mewakili tingkatan tertentu, warna-warna sabuk ini adalah: putih, kuning, oranye, hijau, coklat, biru muda, biru tua, biru dongker dan  hitam.
lebih jelasnya bisa anda lihat pada gambar di atas. dan sekarang kita melangkah ke cara pembuatannya, sabuk karate ini mempunyai panjang 3 meter dengan lebar 6 cm, untuk isian nya menggunakan spon ukuran 2 mm dan kain yang cocok untuk membuatnya adalah kain oxpord.

setelah bahan di siapkan maka pertama, kita potong kain oxpord dengan panjang 300 cm dan lebar 15 cm, potong juga spon dengan panjang 297 cm  dan lebar 6 cm.




selanjutnya, bungkuslah spon dengan kain oxpord tersebut, untuk cara membungkusnya bisa dilihat pada gambar-gambar dibawah, kemudian jahitlah tepat ditengah spon yang sudah terbungkus kain







jika jarum jahit sudah sampai pada ujung kain, maka  putarlah sabuk tersebut lalu jahit lagi dengan memberikan jarak langkah sekitar 3 langkah dari jahitan yang pertama, teruskan sampai seluruh permukaan sabuk terjahit, sehingga nantinya akan terdapat lima buah jalur jahitan, yaitu dari jahitan tengah ini  terdapat 2 jahitan dikiri dan 2 jahitan dikanan







jika sudah selesai maka sabuk siap digunakan, disini saya lipat kecil-kecil agar memudahkan saat di masukan ke kantong kresek nantinya. gambar dibawah adalah contoh sabuk yang sudah jadi yang saya lipat

 jika anda masih belum paham dengan penjelasan diatas maka bisa menonton video pembuatannya yang sudah saya upload di youtube berikut ini


demikian artikel yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya, terimakasih atas kunjungannya dan sampai jumpa di postingan selanjutnya.

Comments

Popular posts from this blog