Tutorial permak merubah tunik model kerah turtleneck menjadi leher biasa


pada hari selasa kemarin saya memperoleh jahitan permak berupa sebuah tunik berbahan batik warna coklat yang hendak di rubah bagian lehernya karena pemiliknya tidak cocok dengan model kerahnya yang tinggi.



merk dari tunik ini adalah aifin collection dan sepertinya di buat dari kota pekalongan, karena di mereknya tertulis seperti itu. Tunik ini mempunyai model yang sederhana yaitu bagian badan tanpa sambungan, namun bagian bawahnya dibuat melebar, bagian lengan ada kombinasi sambungan semacam manset namun tanpa belahan dan kancing, di bagian lehernya menggunakan kerah jenis turtleneck hanya saja dibuat lebih tinggi yaitu 12 cm, pada bagian belakang leher terdapat bukaan berupa belahan dengan panjang sekitar 10 cm dan menggunakan 1 buah kancing yang dikaitkan ke tali sengkelit.






yang menjadi alasan  pelanggan  menjahit saya ingin merubah bagian leher tunik ini adalah karena kurang nyaman saat di gunakan bersamaan dengan hijab, karena jadi terlihat menumpuk pada bagian lehernya, oleh karenanya ingin dirubah menjadi leher biasa, untuk itu yang pertama saya lakukan adalah membuka kerahnya sehingga terpisah dari kerung lehernya, setelah terpisah maka terlihat jika model kerahnya adalah berbentuk persegi panjang, sementara bagian lehernya sendiri berbentuk V,



Selanjutnya kerah nya saya buka agar melebar lalu saya potong secara menyerong selebar 3 cm, nantinya hasil potongan untuk melapisi bagian kerah nya, karena kain serongnya terdiri dari 2 lembar maka saya jahit satukan menjadi 1 lembar, kemudian saya lipat dan jahit sehingga hasil akhirnya terlihat seperti pada gambar.





pada bagian belakang leher baju tuniknya saya membuka sebagian jahitan lapisan, lalu melipat keluar lapisan tersebut kemudian saya menempelkan bisban yang sudah kita buat dari kain serong tadi lalu menjahit bisban tersebut ke sekeliling kerung leher.





hasil jahitan pada bagian ujung  haruslah terlihat seperti pada gambar, sehingga apabila kita balik maka hasilnya adalah ujung bisban berada didalam lapisan.




selanjutnya tinggal menjahit ujung bisban agar menempel ke kerung leher, sehingga hasil jahitannya terlihat seperti pada gambar.




dan proses merubah kerah turtleneck menjadi tanpa kerah ini pun selesai, agar lebih rapih, bagian leher tersebut bisa di setrika, untuk lama pengerjaannya sekitar 20 menitan dan saya memasang harga sebesar Rp.10000 untuk permaknya. Kiranya cukup sampai disini artikel untuk kali ini semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya.

Comments

Popular posts from this blog