cara menjahit kebaya yang dibordir

untuk Anda yang baru sekali mengenal dunia menjahit, pastinya belum tahu cara menjahit macam-macam model baju, apalagi jika belajar menjahitnya secara individu dan tidak ada guru pembimbing alias otodidak, tentunya hal ini cukup menyulitkan saat mendapatkan order jahitan dengan model yang belum pernah di buat sebelumnya.


seperti bagaimana cara menjahit sebuah kebaya kartini yang bagian depan hingga bagian lehernya di pasangi hiasan renda, sementara bukaan di bagian depan terlihat tidak ada kancingnya, hal ini cukup membingungkan, dan ini pernah saya alami juga, saat beberapa tahun yang lalu mendapatkan jahitan membuat kebaya kartini dari selembar kain yang sudah di buat bordirannya, jadi kita tinggal mengikuti model yang sudah terbentuk dari bordiran, selama berbulan-bulan saya simpan kainnya tidak saya potong karena bingung bagaimana cara menjahitnya, sampai akhirnya kain tersebut di ambil lagi oleh yang punya, kebetulan yang menjahit waktu itu masih saudara juga, jadinya tidak malu-maluin amat.

nah jika saat ini Anda juga sedang mengalami rasa bingung bagaimana cara menjahit kebaya kartini dari kain yang sudah terdapat bordirnya maka saat ini Anda mendatangi blog yang tepat, karena saya akan perlihatkan bagaimana kebaya kartini tersebut di jahit.

oh iya, untuk pola kebaya kartini sudah saya buat artikelnya beberapa waktu yang lalu, silahkan di lihat didaftar isi blog ini. kita lanjutkan membahas cara menjahit kebaya kartini nya, sekarang coba perhatikan gambar dibawah, itu adalah salah satu contoh baju kebaya  yang dibuat dari kain yang sudah dibordir, dibagian depan bordirannya sekeliling sampai bagian lehernya.






pada bagian lengannya bordiran dibuat agar terdapat belahan sebesar 15 cm dibagian ujungnya. untuk pola lengannya di buat dari pola lengan licin, dan lebar bagian ujung tinggal mengikuti lebar dari bordiran.





pada bagian depannya terlihat seperti tidak ada kancingnya, namun sebenarnya kancingnya tersembunyi di balik bordiran dan posisinya dibuat terbalik, jadi lubang kancingnya di buat pada bef yang ditempelkan di bagian pinggir depan pola baju sebelah kiri, jadi lapisan kerah setali dibuat sampai bawah.









nah setelah melihat gambar-gambar diatas semoga Anda tidak bingung lagi saat dihadapkan untuk membuat baju kebaya. Dan kiranya cukup sampai disini postingan untuk kali ini, semoga bisa bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog