Tutorial permak, membesarkan baju gamis yang kekecilan

cuaca sedang hujan lebar di luar kios jahit saya pagi ini, saya bersiap untuk mempermak sebuah gamis berwarna pink yang kekecilan di bagian badan sampai pinggulnya, seorang pelanggan menjahit meminta saya untuk membesarkan baju gamis ini kemarin.


suasana hujan didepan kios jahit


model gamis ini adalah model leher bundar dengan bukaan resleting jepang untuk bagian lehernya di selesaikan dengan menggunakan bisban yang terbuat dari kain yang sama dengan kain bajunya, dibelakang leher terdapat merk baju 'nayma hijab'




untuk bagian lengannya adalah model kerut dengan manset dan tali sengkelit, belahan manset di buat di bagian bawah antara jahitan sambungan lengan, jadi berbeda dengan belahan manset untuk kemeja pria.



bagian pinggang terdapat sambungan dan menggunakan tali, lalu untuk bagian bawahnya di buat lebar dan diberikan tambahan kain seperti model rok kebaya, jadi bagian depannya terdiri dari 2 lapis kain, hanya saja kain yang paling depan di buat melengkung dan diberikan hiasan kerut semok dari kain selebar 3 cm






untuk membesarkan baju gamis ini saya akan menggunakan tali yang tersemat di bagian pinggang, hal ini karena tidak ada bagian kain lain yang bisa digunakan. tapi yang pertama sekali adalah membuka bagian sisi badan dari bagian pinggul hingga lengan.




lalu tali gamisnya kita buka jahitannya, setelah dibuka tampak jika tali tersebut lumayan lebar jadi cukup untuk di gunakan menyambung bagian badan gamis.




lalu saya bentuk menjadi segitiga sebanyak 4 buah, 2 lembar yang panjang untuk disambung ke badan sementara 2 lembar yang pendek untuk bagian lengannya.





selanjutnya kain dari tali itu tinggal di jahit sambung ke bagian badan dan lengan, coba perhatikan titik temu jahitan di bagian ujung kain sambungan haruslah berbentuk seperti yang terlihat pada gambar.





jika sudah di sambung semua maka tinggal kita obras


lalu kita sambung lagi bagian kerung lengan dengan kerung ketiaknya, hasil sambungan akan terlihat seperti pada gambar


 
dan hasil akhir setelah di sambung maka baju gamis tersebut akan terlihat seperti ini



demikian proses membesarkan baju gamis warna pink yang kekecilan di bagian badannya ini, prosesnya sendiri membutuhkan waktu sekitar 30  menitan dan untuk ongkos jahitnya saya memasang harga Rp.15000





kiranya cukup sampai disini postingan yang bisa saya sampaikan untuk kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan berikutnya.

Comments

  1. Maaf mau tanyak, lebar kain yg segitiga apakah sama lebarnya antara yg mau d.pasang d.badan dg yg mau d.pasang d.lengan ?
    Terimakasih🙏

    ReplyDelete

Post a Comment

silahkan bertanya tentang tutorial ini jika belum mengerti

Popular posts from this blog