Tutorial permak, cara mengecilkan baju kaos lengan setali

pada postingan kali ini saya ingin memperlihatkan cara saya dalam mengecilkan sebuah baju wanita yang terbuat dari bahan kaos agar menjadi pas di badan pemakainya. Baju kaos terdiri dari 3 warna abu, warna abu muda dibagian kanan lengan lalu abu yang lebih muda lagi untuk bagian badan, sementara abu tua dibagian lengan kiri sampai lingkar kerung leher. baju kaos ini mempunyai model lengan setali dan sangat kebesaran sehingga terlihat membulat.




setelah saya ukur badan pemilik kaos tersebut didapatkan hasil sebagai berikut, yaitu untuk lingkar badannya 95 cm, lingkar pinggang 85 cm, lingkar pinggul 102 cm dan lingkar ujung lengan 34 cm. Untuk mengecilkan baju kaos ini yang pertama saya lakukan adalah membalik kaos tersebut, sehingga bagian dalam yang ada diluar, kemudian saya menentukan tengah baju nya, dengan mengukur lebar keseluruhan dari baju kaos ini lalu membagi 2 dan memberikan tanda dengan kapur jahit di bagian tengah baju.





setelah itu saya memberikan tanda garis baru sesuai dengan ukuran badan pelanggan, dengan menambahkan 10 cm untuk kelonggaran. saya memberikan tanda dibagian atas dan juga dibagian bawah baju, setelah itu membuat garis lurus dibagian sisi kiri dan kanan baju kaos ini, nah garis tersebut adalah ukuran kaos yang baru nantinya.








selanjutnya saya membuat tanda untuk lingkar kerung ketiak baju, saya membuat tanda 24 cm dari ujung atas baju. kemudian lingkar ujung lengan 17 cm, ukuran ini didapat  hasil dari membagi 2 lingkar ujung lengan yang 34 cm. setelah itu menghubungkan  kedua tanda tersebut dengan garis lurus.





karena ini lengan setali, maka di bagian sudut pertemuan antara lingkar badan dan lengan harus di buat garis lengkung agar baju nyaman di pakai, untuk membuat garis lengkung bisa dengan menggunakan penggari lengkung seperti terlihat pada gambar, jika tidak menggunakan penggaris bisa juga dengan hanya di kira-kira. hasil akhir setelah di garis bisa dilihat pada gambar.






langkah berikutnya yaitu masuk ke proses menjahit, untuk menjahit baju kaos, kita harus sambil menarik bagian atas dan bagian bawahnya saat mesin dijalankan, hal ini agar benang jahitan tidak mudah putus karena mampu mengikuti bahan kaos yang melar. setelah dijahit selanjutnya saya gunting kelebihan kainnya dan mengobrasnya agar lebih rapi, hasil akhir setelah baju kaos lengan setali ini di permak terlihat seperti gambar dibawah itu.






hasil akhir setelah kaos dipermak

untuk mempermak baju kaos ini saya membutuhkan waktu sekitar 15 menit dengan tarif jahit Rp.15000, dan demikianlah postingan untuk kali ini semoga bisa bermanfaat dan sampai jumpa pada tutorial berikutnya.

Comments

Popular posts from this blog