tutorial permak cara mem begi celana jeans

untuk postingan kali ini saya memperoleh jahitan permak berupa sebuah celana jeans berwarna hitam bermerk wrangler yang pemiliknya ingin agar bagian paha lutut hingga ujung kaki nya di kecilkan, atau istilahnya dibegi. model begi ini cukup populer dikalangan anak muda baik laki-laki maupun perempuan.



berbeda dengan model cutbray yang melebar di bagian bawah, maka model begi adalah kebalikannya yaitu mengerucut  dari bagian lutut hingga ujung celana bagaian bawah. Jika ingin membegi celana maka yang pertama harus di perhatikan adalah jenis kain celana tersebut, apakah bahannya melar atau tidak, jika melar maka boleh ukurannya dipaskan kekaki, namun jika bahan celananya tidak melar seperti celana yang akan saya permak ini, maka harus diberikan sedikit kelonggaran (sekitar 4cm).

cara mengukurnya bisa dengan 3 cara, yaitu yang pertama dengan mengukur dari celana contoh yang dia bawa, kedua mengukur langsung kaki orang yang mempunyai celana tersebut, dan yang ketiga, celananya di pakai kemudian kita berikan tanda menggunakan kapur jahit sesuai ukuran yang dia inginkan.

pada permak kali ini saya sudah mendapatkan ukuran untuk lingkar paha yaitu 32 cm, lingkar lutut 24 cm dan lingkar ujung kaki 16 cm, nah untuk mengukur lingkar ujung kaki segimana sebuah celana bisa masuk, caranya suruh pelanggan untuk jinjit, lalu kita lingkarkan pita meteran  ke sekeliling tumit.

untuk memulai mengecilkan lingkar kaki celana ini saya memperhatikan bagian jahit tindas di bagian sambungan kaki, disini jahitan tindas 2 jalurnya terdapat di bagian sisi luar sementara sisi dalam tidak terdapat jahitan tindas, maka kita akan mengecilkan kaki celana ini dari bagian ini agar lebih mudah.
mengecilkannya dari bagian ini


pertama saya membuka sebagian jahitan kelim pada ujung kaki hal ini agar memudahkan saat proses pemberian tanda dan juga saat dijahit, kemudian saya membalik celana tersebut, agar bagian dalam yang ada diluar, lalu saya memberikan tanda dengan kapur di bagian ujung kaki celana yaitu lebar 16 cm, di bagian lututnya 24 cm  dan di bagian paha 32 cm sesuai dengan ukuran yang sudah didapatkan.






setelah terdapat tanda selanjutnya tinggal kita garis, untuk bagian ujung kaki hingga lutut menggunakan penggaris lurus, sementara pada bagian lingkar lutut ke lingkar paha menggunakan penggaris lengkung.




setelah itu tinggal kita jahit mengikuti ukuran yang sudah kita buat barusan, lalu gunting dengan memberikan lebihan 1,5 cm hingga 2 cm untuk kampuh jahitnya.






dan terakhir yaitu menjahit kembali sebagian keliman yang terbuka tadi, dan hasil akhir setelah celana selesai di begi bisa terlihat seperti pada gambar dibawah.

hasil setelah celana selesai di permak menjadi model Begi


pengerjaannya memerlukan waktu sekitar 20 menitan dan tarif untuk mempermak celana ini saya memasang harga Rp.15000. Demikian postingan untuk kali ini semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog