cara mengecilkan lebar kain rok setengah lingkaran


pada postingan kali ini saya ingin membagikan cara mengecilkan rok setengah lingkaran, yang mungkin terlalu lebar dan anda kurang suka dengan model rok seperti ini. biasanya rok setengah lingkaran menggunakan kain jatuhan yang halus seperti kain satin, tisu dan lainnya. namun tidak salah juga jika rok setengah lingkar ini di buat dari kain jeans yang tebal.


sebenarnya untuk mengecilkan rok model setengah lingkaran ini tidaklah terlalu sulit karena biasanya jenis rok ini hanya memiliki 1 buah sambungan, maka kita bisa mengecilkan dari situ, cara nya dengan memberikan tanda lebar yang di inginkan dengan menggunakan kapur jahit, di mulai dari bagian ujung atas mentok di ban pinggang sampai bagian ujung bawah rok.

gunakan penggaris lurus untuk membuat tanda garis jahitan agar lebih terlihat dan memudahkan saat proses menjahit nya nantinya, setelah tanda lebar rok yang di inginkan dibuat maka tinggal kita gunting kelebihan kain sesuai tanda garis dengan memberikan kelebihan sekitar 1.5 cm hingga 2 cm untuk jahitan.

sebelum di jahit, buka dahulu bagian keliman bawah rok sedikit agar memudahkan saat proses menyambung kembali  bagian sisi rok tersebut, setelah itu tinggal kita jahit dan obras, kemudian kelim kembali bagian bawah rok yang tadi kita buka jahitannya, agar lebih rapih bisa kita seterika hingga licin. karena biasanya jahitan baru sedikit agak berkerut dan akan hilang setelah di seterika.

cara mengecilkan lebar rok yang sudah saya sebutkan di atas itu adalah cara untuk rok setengah lingkaranyang memiliki satu buah sambungan, bagaimana jika memiliki 2 buah sambungan atau lebih? maka proses memberikan tanda kapurnya harus di bagi 2, misalnya kita hendak mengecilkan lebar rok nya sebesar 25 cm, maka masing-masing sambungan kita berikan tanda kapur dengan jarak lebar 12.5 cm, hal ini agar bentuk rok nya masih simetris saat digunakan.

kiranya cukup sekian artikel saya untuk kali ini, semoga bisa memberikan gambaran bagaimana proses mengecilkan rok setengah lingkar yang terlalu lebar, selain rok bisa juga untuk baju gamis payung dan yang lainnya.

Comments

  1. Hai sis, thanks for sharing. Jika tertarik untuk membuat pola baju cara menjahitnya juga ada ya. Silahkan bisa mengunjungi situs fitinline

    ReplyDelete

Post a Comment

silahkan bertanya tentang tutorial ini jika belum mengerti

Popular posts from this blog