cara merubah cardigan lengan setali menjadi lengan rompi


selamat berjumpa kembali, pada postingan kali ini saya ingin memperlihatkan bagaimana proses merubah model baju cardigan yang tadinya mempunyai model lengan setali menjadi lengan rompi, mungkin saja anda saat ini membutuhkan tutorialnya, oleh karena nya saya membuat artikel nya.


sebagaimana yang sudah kita ketahui, bahwa cardigan ini adalah sebuah baju yang di gunakan oleh wanita untuk bagian paling luar setelah menggunakan baju yang lainnya, jadi fungsinya hampir sama seperti jaket, hanya saja bedanya bahan yang di gunakan lebih tipis, terdapat buka’an di bagian depan tetapi di buat tanpa menggunakan kancing, atau hanya terdiri dari 1 kancing saja.

untuk model lengan cardigan bisa dibuat pendek maupun panjang, atau juga tanpa lengan, di pasaran baju cardigan di jual dengan harga bervariasi tergantung kain dan juga model nya, hanya saja mungkin anda saat ini menyukai sebuah model cardigan dan hendak membeli nya tetapi cardigan tersebut mempunyai lengan padahal anda ingin agar tidak ada lengannya. oleh karena nya kita harus merubah model cardigan tersebut menjadi seperti lengan rompi.


untuk merubah model cardigan sebenarnya cukup mudah, jika kita sudah menguasai tekhnik dasar menjahit, yaitu membuat pola dasar badan wanita, maka kita bisa gunakan sebagai pedoman untuk merubah cardigan ini. sebagai contoh kali ini saya mendapatkan sebuah cardigan yang mempunyai model lengan setali, yaitu lengan yang menyatu langsung dengan badan.  dan cara merubah model cardigan menjadi lengan rompi ini adalah sebagai berikut, silahkan di simak

cardigan lengan setali

pertama kita taruh baju cardigan ini di tempat yang bersih, bisa meja atau lantai, setelah itu kita ukur lebar bahu cardigan, sesuaikan dengan ukuran lebar bahu orang yang menggunakannya. berikan tanda dengan menggunakan kapur.


pada bagian lingkar badan kita buat tanda garis lurus ke atas sesuai dengan garis pinggir baju


lalu ukur dari tanda bahu ke badan sesuaikan dengan lingkar kerung ketiak orang yang menggunakannya, jika tidak tahu berikan saja panjangnya setengah panjang punggung, pada contoh disini panjangnya adalah 24 cm.


selanjutnya dengan menggunakan penggaris kerung, kita buat garis kerungan ketiak


lalu gunting sesuai tanda, dengan memberikan kelebihan untuk jahitan pada bagian kerungan ketiak 1 cm, dan pada bagian badan 1.5 sampai 2 cm.



lengan sisa guntingan jang di buang, buka lah jahitan nya, lalu buat garis secara menyerong dengan masing-masing lebar 4 cm, lalu gunting. kain ini nanti nya untuk melapis pinggiran kerung lengan.




setelah itu kita sambung-sambung kain bisban yang sudah kita buat dari sisa kain lengan, lalu lipat 2 dan jahit pinggirannya, pada saat menjahit kainnya jangan di tarik, tetapi biarkan berjalan sendiri sesuai jalannya gigi mesin jahit. hal ini agar bisban tersebut mampu mengikuti lekukan kerung ketiak nantinya saat di pasang



jika sudah tinggal kita pasang ke kerung ketiak cardigan, jahit di bagian luar dari baju cardigan



gunting bagian pinggirannya sehingga hanya tersisa 0.5 cm


lipat kedalam kain bisban yang sudah menempel di kerung ketiak cardigan, lalu jahit pinggirannya




hasil dari jahitan bisa anda lihat seperti berikut


selanjutnya tinggal kita jahit satukan bagian sisi badan depan dan belakang yang masih terbuka



terakhir adalah proses mengobras, obraslah pinggiran nya agar terlihat lebih rapih, gunakan benang yang sama dengan warna kain cardigan


dan berikut adalah gambar hasil akhirnya, baju cardigan ini menjadi tanpa lengan seperti baju rompi.



nah seperti itulah proses merubah lengan baju cardigan dari yang tadinya lengan setali sehingga bisa menjadi lengan rompi. Sebetulnya cara yang sudah saya jabarkan di atas tersebut bisa juga di gunakan untuk model baju lainnya, seperti   jaket  grab atau gojek yang terkadang driver nya meminta kepada saya agar bagian lengannya di buang.

kira nya cukup sampai disini artikel yang bisa saya tulis pada postingan kali ini, semoga bisa bermanfaat, setidaknya memberikan wawasan bagi Anda, sampai jumpa pada artikel berikutnya dan silahkan membaca postingan yang lainnya.

Comments

  1. Hai sis, thanks for sharing. Jika tertarik untuk membuat pola baju cara menjahitnya juga ada ya. Silahkan bisa mengunjungi situs fitinline

    ReplyDelete

Post a Comment

silahkan bertanya tentang tutorial ini jika belum mengerti

Popular posts from this blog