gambar pola kebaya kutu baru berikut keterangannya



Sebenarnya pola kebaya kutu baru atau yang biasa di sebut dengan kebaya ibu kartini adalah pola yang sangat mudah untuk di buat, karena dia hanyalah berupa pengembangan dari pola dasar bagian depan yang garis kerung lehernya di naikan ke atas sepanjang kerung leher bagian belakang.


Bagian bawah dari bentuk kebaya ini ada yang datar dan ada pula yang lancip, Untuk cara pembuatannya, yang pertama kita buat adalah pola badan bagian belakang seperti gambar di bawah ini




Setelah pola belakang tersebut selesai dibuat selanjutnya tinggal kita modifikasi sedikit di bagian bawah dan bagian atas nya sehingga menjadi seperti gambar berikut ini.



Untuk pola lengannya adalah pola lengan biasa, atau sesuai model baju yang di inginkan, namun jika ingin membuat pola kutu baru yang original maka pola lengannya harus lah pola lengan licin.



Karena nanti pada bagian depan baju tersebut akan di lipat masing-masing sebesar 4 cm maka sebagai gantinya kita harus menutupi kekurangan yang 8 cm ini dengan menggunakan bef, untuk ukuran bef nya adalah 12 x 40 cm namun Anda bisa sesuaikan dengan panjang badan orang yang mengenakannya nanti.



Untuk bagian depan kita harus menggunakan lapisan minimal sebesar 8 cm, lapisan inilah nantinya yang akan di lipat keluar dan yang terlihat, karena nya haruslah di buat dari bahan yang sama dengan bahan kain baju nya, kecuali jika sengaja di buat kombinasi. Cara pemasangan lapisan ini adalah dengan cara menjahitnya di bagian ujung depan, setelah itu kita satukan bagian atas yang merupakan bagian kerahnya, cara pembuatannya kurang lebih sama seperti cara menjahit kerah setali biasa.

                               
Kemudian untuk kancing yang di gunakan adalah kancing kemeja atau kancing hias, yang jelas sebaiknya berukuran kecil, untuk lubang kancing bisa di buat pada bagian bef, atau pada bagian depan bajunya, karena nantinya lubang kancing ini tidak akan terlihat di sebabkan tertutup oleh lipatan.

Dan seperti itulah gambar pola kebaya kartini, semoga bisa di mengerti, jika masih ada yang belum di pahami maka silahkan di tanyakan di kolom komentar, terima kasih atas kunjungannya.

Comments

  1. Mau tanya bagaimana untuk rumus nya seperti untuk pinggang, pinggul karna ini menggunakan beb, apa sama sperti membuat kebaya biasa 1/4 LP +3+1? Mohon penjelasan nya, trimakasih

    ReplyDelete
  2. Mau tanya bagaimana untuk rumus nya seperti untuk pinggang, pinggul karna ini menggunakan beb, apa sama sperti membuat kebaya biasa 1/4 LP +3+1? Mohon penjelasan nya, trimakasih

    ReplyDelete
  3. Terima kasih banyak kak,,, membantu banget, banget buat pemula kek saya

    ReplyDelete

Post a Comment

silahkan bertanya tentang tutorial ini jika belum mengerti

Popular posts from this blog