beberapa tips menjahit agar bisa lurus untuk pemula



Untuk tutorial kali ini saya ingin memberikan tips seputar menjahit, dan di tujukan untuk yang baru belajar memegang mesin jahit, yaitu cara agar jahitan menjadi lurus hasilnya. Dulu saat saya baru belajar menjahit saya pun mengalami kesulitan untuk bisa menjahit lurus, hasil nya pasti berkelok-kelok seperti jalan di pegunungan.


Sebenarnya jahitan-berbelok-belok ini di sebabkan oleh belum sinkron nya gerakan tangan dengan jalannya mesin, oleh karena nya di sarankan jika masih dalam tahap belajar jangan lah dahulu menggunakan dinamo pada mesin jahitnya, jadi menjahitlah dengan manual terlebih dahulu dengan cara di goel menggunakan kaki, ini agar putaran mesin bisa kita atur cepat dan lambatnya sehingga lebih memudahkan dalam menavigasi jahitan agar bisa lurus.

Pada tahap belajar para pemula biasanya akan menarik kebelakang kain yang di jahitnya pada saat mesin berjalan, hal ini tentu saja sebuah kesalahan, karena hasil jahitan bukan saja tidak akan bagus di sebabkan kain tidak berjalan dengan semestinya, kain yang di jahit pun bisa menjadi rusak karena tergerus gigi (runner) mesin.

Jika Anda masih pemula dan baru belajar menjalankan mesin jahit maka berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda coba praktekan saat menjahit, yaitu sebagai berikut:


  • Berlatih terus dan jangan bosan-bosan, nanti jika sudah terbiasa maka jahitan bisa lurus dengan sendirinya.
  • berikan tanda pada dengan menggunakan kapur atau karbon  jahit pada kain dan jahitlah sesuai tanda tersebut
  • perhatikan sepatu mesin  dan tepi kain, ambil patokan disitu, jangan melihat jarumnya.
  • untuk mengelim kain yang membentuk melingkar sebelum di jahit, bisa disetrika dahulu bahan kain tersebut dan berikan tusuk jelujur pada bagian yang akan di jahit.


Pada saat menyatukan dua kain, biasanya jalannya kain bagian bawah akan lebih cepat karena terbawa oleh gigi mesin jahit, sementara kain bagian atas akan berjalan lebih lambat karena tertahan oleh sepatu mesin, oleh karena nya agar dua-duanya bisa  pas maka peganglah ujung kain bagian bawah dengan tangan kiri dan agak tarik ke bawah, kemudian ujung kain bagian atas peganglah dengan tangan kanan, dan agak tarik ke atas, maka kedua kain tersebut akan meregang sama rata, sehingga lebih memudahkan saat di jahit dan hasilnya akan sama rata.



Dan itu lah tips menjahit lurus yang bisa saya berikan  untuk postingan kali ini semoga bisa memberikan sedikit pencerahan bagi Anda, terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa pada postingan selanjutnya.




Comments

Popular posts from this blog