cara mudah membuat, memasang dan menjahit kerah setali dalam beberapa langkah



Setelah kemarin saya coba coba nulis artikel menggunakan hp karena komputer rusak, ternyata sangat sulit dan cukup memakan waktu yang lama, akhirnya saya pun terpaksa pergi ke tukang servis untuk membetulkan komputer tersebut, keluhannya Cuma tidak bisa masuk ke windows nya, dan saya meminta agar tukang servis tersebut menginstal ulang saja, tapi ternyata yang rusak bukan Cuma OS nya melainkan mesin dan harddisk nya, akhirnya terpaksa harus di ganti semua, beruntung komputer saya Cuma pentium 4 keluaran tahun 2004 jadi biaya perbaikannya tidak terlalu besar,  cukup merogoh kocek sebesar 200 ribu rupiah akhirnya saya bisa melanjutkan menulis artikel kembali.


Pada artikel kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara menjahit kerah setali, apa itu kerah setali? Kerah setali atau shawl collar jika dalam bahasa inggris adalah kerah yang menyatu langsung dengan baju nya, kerah setali ini banyak di gunakan pada baju baju wanita, misalnya baju mandi, baju kimono, blazer, blus, gamis dan kebaya kutu baru.
Cara penyelesaian kerah setali atau kerah selendang ini sebenarnya cukup mudah, hanya dengan di berikan lapisan pada bagian dalamnya, jika di tempat kursus, Anda akan mendapatkan pelajaran menjahit kerah ini pada tingkat terampil atau mahir.

Karena bentuknya yang unik jadi untuk penjahit pemula akan terlihat ribet dan sulit pengerjaannya, padahal jika di bandingkan dengan memasang kerah yang lain, seperti kerah shanghai atau kemeja maka cara menjahit kerah setali ini lebih mudah.

Untuk itu silahkan di simak proses langkah pengerjaannya sebagai berikut:

Pertama kita jahit masing masing bagian ujung kerah dengan lapisannya



Kemudian jahit sambung ujung kerah bagian kiri dengan kanan



Setelah itu guntinglah sedikit bagian kerah yang terdapat pada bahu atas agar memudahkan pada saat pemasangan.



Jahit bagian bahu antara bahan baju depan dengan belakang, Lanjutkan dengan menjahit bagian kerah ke kerungan leher bahan baju bagian belakang, setelah itu obraslah bagian bahu agar tidak terurai setelah lama di pakai.




Terakhir jahit tindaslah lapisan di bagian pinggir kerah yang menempel ke kerungan leher 



Dan proses menjahit kerah setali pun selesai hasil akhirnya akan terlihat seperti berikut ini.




Bagaimana cukup mudah bukan? Semoga anda mengerti dengan penjelasan yang sudah saya sampaikan di atas, namun jika masih belum mengerti juga, silahkan menyimak tutorial ini dalam bentuk video di bawah ini.



Sedikit tambahan, untuk Lebar dari kerah setali bervariasi, jika untuk blazer biasanya 3 cm, untuk kebaya kutu baru 8 cm, ini karena kerah tersebut di lipat jadi hasil akhirnya adalah 4 cm. sebenarnya lebar dari kerah ini bisa berapa saja, tergantung model dari baju itu sendiri, namun jika Anda masih pemula, silahkan berpatokan pada ukuran yang saya sebutkan di atas.
Kiranya cukup sampai disini artikel yang bisa saya sampaikan kali ini, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya, silahkan membaca artikel saya yang lainnya.

Comments

Popular posts from this blog