cara membuat hiasan pita kupu-kupu



Pada kesempatan yang berbahagia ini saya ingin memberikan tutorial bagaimana cara membuat hiasan pita kupu-kupu dari kain dan menempelkannya pada bagian baju, hiasan pita jenis ini banyak di gunakan untuk baju-baju wanita semacam blus, dress dan gamis baik baju dewasa maupun anak-anak, oleh karena nya kita sebagai penjahit alangkah baiknya jika mampu membuat hiasan pita ini.


Hiasan pita kupu-kupu dari kain ini sebenarnya banyak juga terdapat ditoko peralatan menjahit, di jual secara satuan dan dengan warna yang beraneka ragam, namun ada kalanya ukuran pita yang di jual tersebut tidak sesuai dengan yang di kehendaki, oleh karena nya kita bisa membuat nya sendiri, di samping lebih hemat biaya dan waktu juga dari ukuran bisa kita sesuaikan sesuai kebutuhan.

Tidak perlu panjang lebar lagi mari kita mulai cara pembuatannya yaitu sebagai berikut, silahkan di simak langkah pengerjaannya.

Pertama kita lipat kain dengan ukuran sesuai yang di inginkan pada contoh ini ukurannya sekitar 6 cm x 6 cm,pastikan bagian yang buruk yang berada di luar, lalu jahit keliling dengan memberikan sedikit lubang untuk membalik kain tersebut



Setelah selesai di jahit selanjutnya buang kelebihan tiras dengan cara di gunting lalu balikan kain tersebut sehingga bagian yang bagus yang berada di luar




Hasil setelah di balik, kira-kira menjadi seperti ini



Selanjutnya kita buat bagian yang kecilnya, dengan cara menjahit kain dengan lebar sekitar 2 cm dan panjang 5 cm



Gunting kelebihan tiras kain lalu balik, setelah di balik selanjutnya kita lipat dan jahit kembali, gunting sekali lagi kelebihan tiras kainnya dan balik lah kembali agar ujung tiras tidak terlihat






Lalu masukan kain yang besar ke lubang kain kecil tersebut, atur posisinya supaya berada di tengah dan terlihat bagus.




Sehingga hasilnya kira-kira menjadi seperti ini.



Selanjutnya tinggal kita pasang ke bagian kain baju yang di kehendaki, misalnya pada bagian depan baju, bagian pinggang, pada tangan atau bagian yang lainnya sesuai model baju tersebut, cara pemasangannya bisa dengan  3 cara, yang pertama di tempel menggunakan lem tembak, kedua di jahit secara manual dengan menggunakan jarum tangan, dan ketiga di jahit dengan menggunakan mesin jahit.

Pada tutorial ini saya akan memberikan cara pemasangan pita ini dengan di jahit menggunakan mesin jahit karena lebih cepat dan juga hasil menempelnya akan lebih kuat di bandingkan dengan kedua cara lainnya, yang harus di lakukan ialah kita tempelkan hiasan pita tersebut pada kain baju, lalu singkapkan sedikit bagian kain yang berada ditengah, lalu jahitlah bagian kain yang besar tanpa mengenai bagian kain yang kecil. 




Jahitlah bagian kiri dan kanan nya sehingga  jahitannya akan terlihat seperti berikut jika di lihat dari belakang



Dan inilah hasil setelah selesai di jahit, benang jahitan tidak terlihat karena tertutup bagian kain yang di tengah.



Selain untuk hiasan pada baju, cara pembuatan pita ini sama dengan cara membuat dasi kupu-kupu, tinggal kita pasang karet elastik di bagian belakangnya maka jadilah dasi dan siap di gunakan.

Untuk Anda yang masih merasa bingung dan kurang mengerti dengan penjelasan saya di atas, sebaiknya menonton saja langsung tutorial membuat pita kupu-kupu ini dalam bentuk video berikut ini. dan jangan lupa juga untuk subcribe channel nya dan aktifkan pemberitahuan, agar jika ada video baru yang saya unggah bisa langsung anda tonton.



Kiranya cukup sekian untuk postingan saya kali ini, semoga bisa memberikan manfaat bagi Anda, terima kasih atas kunjungannya dan silahkan membacar artikel saya yang lainnya, dan jika bersedia silahkan membagikan artikel ini ke teman-teman Anda yang lainnya.

Comments

Popular posts from this blog