cara merubah model baju muslim yang menggunakan kancing jepang menjadi resleting



Kali ini saya ingin memberikan tutorial merubah model baju muslim dari yang tadinya menggunakan bukaan kancing jepang, menjadi memakai resleting jepang di bagian depannya, sebetulnya saya sudah lama mendapat jahitan permak ini, sudah sekitar 2 mingguan, dan orangnya pun sudah bolak-balik hendak mengambilnya sebanyak 2 kali, namun baru sempat saya kerjakan hari ini di karenakan kesibukan mengerjakan jahitan yang lainnya.


Untuk objek baju yang akan saya permak adalah baju muslim berwarna hijau tahi kuda dengan leher bulat tanpa kerah dan bukaan depan menggunakan kancing jepang.



Di bagian bawah baju di tempel brukat dengan cara di jahit dengan mesin khusus



Untuk baju yang menjadi contoh ukurannya adalah baju muslim berwarna coklat muda bermotif kotak-kotak, terdapat belahan di bagian pinggirnya dan juga menggunakan kerah shanghai pada kerung lehernya. 



Setelah saya tempelkan kedua baju tersebut, terlihat bahwa bagian pinggang dan pinggul juga panjang tangan nya sudah sama, jadi tidak perlu dirubah lagi.



Yang berbeda adalah pada bagian panjang baju nya yang lebih panjang sekitar 15 cm, untuk itu saya harus menyamakannya dengan cara memotong nya.





Untuk bagian depan yang akan di pasang resleting masih terdapat kancing jepang. Karena nya saya membuka satu persatu kancing tersebut dengan menggunakan gunting. Jika Anda berminat menggunakan kancing jenis ini bisa dengan mudah di beli di toko peralatan menjahit, dengan nama kancing jepang, cara memasangnya di jahit manual menggunakan jarum tangan.




Pada bagian sebelah kiri terdapat kain bef yang berfungsi supaya daleman tidak terlihat saat baju tersebut di pakai, bef ini tidak kita perlukan oleh sebab itu saya membuangnya juga.





Pada bagian pinggir baju tidak terdapat belahan, sedangkan baju contohnya menggunakan belahan, oleh karena itu saya membuka sebagian untuk membuatnya.




Kemudian saya memperhatikan bagian kerung leher , bagian tersebut di selesaikan dengan menggunakan lapisan yang menyatu antara bukaan depan dan juga kerung lehernya, ini tentu saja menyulitkan pada saat memasang resleting



Oleh karena itu maka saya membuka sedikit  jahitan di bagian atas, lalu memisahkan bagian lapisan kerung leher dengan bagian lapisan bukaan depan dengan cara mengguntingnya.




Di bagian bukaan depan yang terdapat bef, karena bef nya di buang maka lapisannya ikut terbuka, oleh karena itu kita harus menjahit lapisan tersebut agar menempel kembali di bagian bukaan baju.




Setelah itu maka resleting siap di pasang, pertama saya menempelkan ujung resleting pada ujung kerung leher.


Lalu memberikan tanda pada kain baju sekitar 4 cm lebih pendek dari panjang resleting.



Selanjutnya menyatukan antara bukaan depan bagian kiri dan kanan dengan cara di jahit dimulai tepat pada bagian tanda kapur tersebut.




Nah seperti inilah kira-kira hasilnya setelah di satukan, disini terlihat bagian sebelah kiri lebih panjang sedikit, oleh karena nya harus di samakan dengan cara di gunting






Setelah di rasa sama, maka saya mengganti sepatu mesin  dengan sepatu khusus resleting jepang





Lalu mulai menjahit resleting ke kain baju, di mulai dari bagian kanan terlebih dahulu, hal ini tidak mutlak, anda bisa saja menjahit dari yang sebelah kiri terlebih dahulu.





Setelah rel resleting sebelah kanan terpasang dengan benar, maka selanjutnya kita akan memasang yang sebelah kiri, namun kita harus menyamakan posisi nya dahulu agar pas rata, setelah di rasa pas maka tusukan jarum pentul di bagian tersebut agar posisi tidak berubah kembali.




Dan proses mejahit rel resleting pun bisa di lanjut kan kembali hingga selesai



hasil pemasangan akan terlihat seperti ini

 

Pada bagian bawah , haruslah terlihat bahwa tidak ada bagian kain yang lebih berkerut dalam artian sama rata.



Selanjutnya ialah menyambungkan kembali lapisan leher dengan lapisan bukaan depannya, setelah di sambung selanjutnya menyatukan lapisan kerung leher ke kerung leher baju nya.





Dan berikut ini hasil setelah lapisan di balik, hasilnya haruslah terlihat seperti gambar berikut




Pemasangan resleting selesai, selanjutnya ialah membuat belahan di bagian pinggir, pada baju contoh, ukuran panjang belahan adalah 20 cm, maka saya memberikan tanda sepanjang 24 cm, karena yang 4 cm nantinya akan dilipat untuk di jahit kelim.


Setelah itu saya menjahit bagian sisi yang terbuka sampai pada tanda




lalu menjahit sekeliling bagian kampuh jahitan, sehingga terlihat seperti pada gambar, jika untuk jahitan halus bagian belahan ini jangan di jahit mesin, namun harus di soom agar lebih rapih.




Setelah belahan pinggir baju selesai, maka tinggal kita jahit kelim bagian bawahnya dengan di lipat sebanyak 2 lipatan lalu di jahit. 




Dan setelah proses tersebut maka baju tersebut sudah selesai dan siap di gunakan oleh yang punya, untuk foto hasil akhirnya tidak sempat saya dapatkan karena baju tersebut keburu di ambil oleh pemiliknya. tepat satu menit setelah baju tersebut selesai di jahit permak.

Dan demikianlah cara saya dalam mempermak baju muslim tersebut,  cara ini bisa juga anda gunakan untuk merubah baju model lainnya yang ingin di pasang resleting.

Demikian postingan untuk kali ini, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya. Silahkan membaca artikel yang lainnya.

Comments

Popular posts from this blog