cara cepat dan mudah mengecilkan ukuran pinggang rok lipit atau rok rempel




Memasuki tahun ajaran baru, banyak yang masuk sekolah, mulai dari SD hingga SMA, ada yang baru masuk, naik kelas, bahkan naik tingkat seperti dari SD naik ke tingkat SMP maupun SMA. Dan jika naik tingkat, maka secara otomatis kita harus mengganti seragam sekolah dengan yang baru, karena warna dari masing-masing tingkat yang berbeda-beda, jika seragam SD bagian bawahannya berwarna merah hati, SMP berwarna biru dongker, dan jika SMA berwarna abu-abu, sementara untuk bagian seragam atasnya tidak mengalami perubahan yaitu berwarna putih.


Jika untuk seragam bagian atas, apabila masih bagus, maka bisa digunakan kembali di tingkatan berikutnya, hanya tinggal mengganti badge lokasi atau emblemnya saja, seperti logo OSIS di bagian saku baju dan yang lainnya, namun untuk bagian bawahnya haruslah di ganti dengan yang baru karena warnanya yang berbeda.

Pada saat naik tingkat ini tidak otomatis ukuran tubuh ikut naik juga, banyak juga yang ukuran badannya tidak berubah, namun ukuran seragam yang di beli terkadang kebesaran dengan badannya dan harus di rubah agar enak saat di gunakan, contohnya seperti rok seragam SMA yang saya dapat dari pelanggan jahitnya berikut ini yang kebesaran dan meminta kepada saya agar di kecilkan di bagian pinggangnya juga bagian bawahnya di potong sesuai ukuran dari rok SMP.

Jika dahulu rok SMA berjenis lipit hadap, maka rok SMA sekarang berjenis rok lipit-lipit dan sama seperti rok SD, rok jenis ini bisa sangat lebar di bagian bawahnya, tergantung dari besarnya lipitan. Untuk membuat rok lipit-lipit sangatlah mudah kita hanya tinggal melipat-lipat kain hingga ukuran lebar lingkar pinggang, pasang resleting, ban pinggang, tali ban pinggang, dan mengelim bagian bawahnya maka rok pun jadi.

silahkan membaca: cara mudah membuat lipit

Untuk permak mengecilkan ukuran pinggang yang kebesaran dari rok lipit ini sendiri tidaklah sulit dan lebih mudah proses pengerjaannya jika di bandingkan dengan rok jenis lainnya, waktu yang di butuhkan hanya sekitar 10 samapi 15 menit saja dan pengerjaannya pun selesai.

Pada kesempatan kali ini saya akan share bagaimana cara saya mengecilkan pinggang rok lipit-lipit SMA milik pelanggan jahit saya tersebut, siapa tahu ada yang belum mengetahui cara nya mengalami kebingungan, stress dan hampir gila, wahaha.

Untuk langkah pengerjaan yang pertama adalah kita tempelkan rok yang akan di permak dengan rok yang menjadi contoh ukurannya. Disini yang menjadi contoh ukuran adalah rok lipit-lipit SMP



Lalu ukur berapa kelebihannya, pada contoh berikut ini kelebihannya adalah 9 cm.



Jika sudah, ingatlah dalam otak dan selanjutnya kita buka sebagian ban pinggang bagian depan




Lipat ban pinggang dan tentukan tengahnya, lalu gunting



ukuran yang hendak di buang adalah 9 cm maka Berikan tanda dengan kapur sesuai jarak lebar ukuran  pada ban pinggang yaitu 4,5 cm






Jahit kembali ban pinggang, dan sekarang ukuran ban pinggang sudah sama dengan ukuran pinggang rok yang menjadi contohnya, tinggal memasangnya kembali ke bagian rok



sekarang kita tinggal membuka 2 atau 3 lipatan kain rok, lalu lipat-lipatlah kembali kain rok tersebut hingga sama dan pas ukurannya dengan ban pinggang, tidak perlu pusing, lipat saja dengan di kira-kira sepantasnya, karena ini adalah seragam sekolah maka tidak terlalu memerlukan kerapihan yang tinggi. Gunakan jarum pentul di setiap lipitan agar posisi nya tidak berubah lagi.




Jika sudah tinggal kita jahit ban pinggang rok ke kain rok, langsung saja jahit tindas di bagian atasnya, agar lipitan kembali rapih, maka bisa kita gosok dengan menggunakan setrika panas sambil di semprot air prisket agar lipitan tidak berubah kembali.




Sampai disini proses pengerjaan mengecilkan pinggang rok lipit ini sudah selesai, tinggal kita ukur kembali apa sudah sama dengan rok contohnya dengan cara menempelkannya kembali.



Jika sudah sama maka tinggal kita lipat dan masukan ke wadah plastik yang bersih atau di gantung, atau langsung di gunakan. sebenarnya ada cara lainnya yang lebih sulit yaitu dengan cara membuka bagian seluruh bagian ban pinggang, memotong kain rok di bagian sambungannya lalu memasang kembali resleting kemudian ban pinggangnya kita rubah ukurannya dan selanjutnya di pasang kembali ke kain rok, namun cara ini lebih lama pengerjaannya dan sama seperti membuat rok baru.

Dan seperti itulah cara saya dalam mengecilkan lingkaran pinggang dari rok lipit-lipit ini, untuk anda yang masih mengalami bingung dan belum begitu paham dengan penjelasan saya di atas, maka silahkan menonton tutorial ini dalam bentuk video berikut ini.



Demikian postingan saya untuk kali ini, semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya, bagi Anda yang baru berkunjung ke blog saya ini, saya ucapkan selamat datang dan semoga menjadi pengunjung setia. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Comments

Popular posts from this blog