cara mendapatkan benang yang sama untuk mengelim celana yang di potong



Mungkin ini terdengar sepele namun suatu saat Anda sebagai penjahit pasti akan mengalami nya juga, yaitu saat seorang pelanggan meminta agar celana nya di potong karena kepanjangan, namun ingin agar benang untuk mengelimnya haruslah sama persis dengan benang keliman awal sebelum celana tersebut di potong. Jahitan permak seperti Inilah yang sering saya dapatkan mengingat selain menerima jahit baru saya pun menerima permak levis juga.


Biasanya celana jenis jeans berbahan denim lah yang seperti ini, mengingat bahwa benang yang di gunakan untuk menjahit celana berbahan jenis ini adalah benang yang berukuran lebih besar dari benang jahit yang biasa, dan warna yang di gunakan pun di sengaja berbeda dari warna bahan kainnya, warna yang cukup banyak di gunakan ialah warna kuning emas, namun ada juga yang menggunakan warna biru, merah, pink maupun warna lainnya.

Yang jadi masalah adalah karena pembuatan celana jeans ini sudah melewati beberapa tahap atau proses sebelum di pasarkan ke konsumen, yaitu setelah di jahit, biasanya celana tersebut di celup menggunakan cairan khusus untuk mendapatkan efek stone wash atau efek belel seperti sudah lama di pakai, maka secara otomatis benang yang di gunakan menjahitnya pun terkena cairan untuk celupan juga sehingga mengakibatkan warna nya menjadi berbeda dari warna benang di toko sehingga hampir bisa di pastikan kita tidak akan bisa menemukan warna yang sama seperti benang tersebut jika bermaksud membelinya.

Berbeda dengan jahit permak potong sambung yang memotong sebagian panjang celana lalu bagian bawah keliman di sambung kembali, tutorialnya sudah pernah saya berikan beberapa waktu yang lalu, maka jahit permak ini benar-benar memotong sebagian panjang dari celana tersebut untuk selanjutnya di kelim dengan jahitan kelim yang baru, jadi potongan keliman bawahnya di buang.


Untuk itu pada kesempatan yang berbahagia ini, di bulan ramadhan yang penuh berkah,rahmat dan ampunan ini saya ingin membagikan cara bagaimana mendapatkan benang jahit yang sama dengan benang jahit keliman pertama, siapa tahu saja ada yang membutuhkan tekhnik ini.


Langkah pertama yang harus di lakukan adalah memotong celana tersebut sesuai dengan panjang yang di kehendaki, cara adalah menempatkan celana di meja atau lantai yang bersih dan tempatkan pinggiran dari celana tersebut menghadap keatas. Tempatkan ujung pita meteran pada ujung ban pinggang dan luruskan pita tersebut sampai dengan ukuran yang di kehendaki, lalu berikan tanda dengan kapur jahit, Setelah tanda di berikan selanjutnya gunakan penggaris untuk memberikan garis pada celana sesuai tanda kapur tersebut, lalu guntinglah dengan memberikan lebihan untuk keliman sepanjang 3cm sampai 5 cm, namun untuk celana jeans 3 cm sudah cukup, mengingat keliman celana jenis ini kecil yaitu sekitar 1,5 cm untuk lebih mudahnya lihat saya keliman dari celana tersebut sebelum di potong.



Setelah sebelah celana di potong maka, selanjutnya satukan pinggiran dari celana hingga benar-benar sama mulai dari ujung ban pinggang atas sampai bawah, 



lalu berikan tanda dengan kapur pada sebelah celana yang belum terpotong sesuai dengan tanda bagian celana yang sudah di potong, 



lakukan proses yang sama seperti yang sudah saya jelaskan di atas untuk memotongnya.



Kenapa bagian celana tersebut harus di potong sebelah-sebelah? Ini maksudnya untuk mendapatkan ukuran yang sama antara panjang celana kiri dan kanan nya, karena biasanya ada juga yang bagian kiri dan kanannya tidak sama panjangnya, oleh karena itu kita garus menyamakannya dengan cara tersebut.

Setelah kedua ujung celana di potong maka selanjutnya kita akan mengelimnya kembali, dan seperti yang sudah saya sebutkan di atas yaitu bagaimana agar benang keliman dari celana tersebut agar sama dengan keliman pertamanya, ini ada trik sederhana yang bisa di pakai, jadi kita tidak perlu repot-repot pergi ke toko alat menjahit untuk mencari benang tersebut, kita cukup menggunakan lagi benang dari keliman sisa potongan.



Lantas bagaimana caranya? Yaitu kita ambil benang tersebut, untuk caranya sendiri adalah sebagai berikut, pertama kita gunting-gunting bagian dalam dari benang keliman tersebut, dan pastikan bagian benang luarnya tidak ikut di gunting.



Setelah benang bagian dalam di gunting-gunting maka kita tinggal mencabut benang bagian luar keliman dengan mudah.


 nah ini adalah benang hasil  pengambilan dari keliman celana tersebut


selanjutnya tinggal kita gulung ke dalam palet secara menual, lalu masukan kedalam sekoci mesin jahit




 untuk bagian benang atas gunakan saja benang yang warnanya agak mirip-mirip dengan benang sekoci, jika tidak punya yang mirip, maka gunakan benang yang sama dengan warna bahan kain celana,



dan proses mengelim pun bisa kita lakukan dengan cara melipat sebanyak dua kali lalu jahit sekeliling, pada bagian sambungan yang tebal jahitlah secara hati-hati agar jarum tidak patah



Lakukan hal yang sama untuk mengelim bagian celana sebelahnya, dan jangan khawatir benang tersebut tidak cukup panjang, karena berdasarkan pengalaman, benang tersebut cukup untuk mengelim bahkan masih ada sisa panjangnya sedikit.

Dan seperti inilah kira-kira hasilnya. Sama persis dengan keliman pertama.



Itulah sedikit share pengalaman saya dalam memotong celana jeans yang ingin agar benang kelimannya sama persis dengan keliman pertama, walaupun sepele, tapi semoga bisa menambah wawasan Anda khususnya yang masih pemula di bidang menjahit sehingga bisa memberikan manfaat nantinya, untuk lebih jelas bagaimana proses pengerjaannya bisa anda tonton lewat video berikut ini



 dan kiranya cukup sekian untuk postingan  kali ini, terima kasih atas kunjungannya, dan silahkan membaca artikel saya yang lainnya, jika berkenan silahkan membagikannya ke teman-teman Anda yang lainnya.

Comments

Popular posts from this blog