cara membuat bunga mawar dari kain sebagai hiasan yang ditempel pada baju



selamat berjumpa kembali, untuk postingan kali ini saya ingin memberikan tutorial membuat hiasan bunga mawar dari kain, nantinya anda bisa menerapkan nya pada baju perempuan baik dewasa maupun anak-anak, semacam baju gamis, dress dan blouse juga gaun tergantung model dari bajunya.

Sebenarnya di toko peralatan menjahit kita bisa membeli hiasan bunga ini yang sudah jadi dan tinggal di pasang dengan cara di jahit menggunakan tangan, namun alangkah baiknya jika kita menguasai tekhnik pembuatannya sendiri, karena dengan membuat sendiri maka kita bisa menggunakan bahan kain yang sama seperti warna baju yang sedang di jahit, disamping lebih hemat biaya.

Cara pembuatan bunga mawar dari kain ini saya dapat sewaktu masih bekerja di orang lain di daerah Ciomas Bogor, kebetulan tempat menjahit tersebut khusus untuk menjahit baju-baju wanita semacam kebaya, gaun pesta dan lain sebagainya, jadi banyak terdapat model baju yang menggunakan variasi bunga mawar dari kain ini. Walaupun saat itu saya kurang suka mengerjakannya karena sedikit ribet dan memakan waktu lumayan lama, karena model baju yang menggunakan nya juga sudah rumit, di tambah lagi harus membuat hiasan bunga ini jadinya lebih lama, sedangkan upah perpotong yang saya peroleh tetap sama yaitu 20 ribu rupiah, perhari hanya bisa menjahit sekitar 2 sampai 3 potong di karenakan model nya yang rumit tersebut, jika di jumlahkan saya hanya memperoleh penghasilan perminggu berkisar antara 250 ribu sampai 300 ribu rupiah, hal ini tentu saja tidak cukup untuk menutupi kebutuhan dapur keluarga, karena uang segitu harus di bagi-bagi untuk beli bensin motor, beli gas, beras dan lauknya, bayar listrik juga jajan kedua anak saya yang sudah duduk di TK dan SD.

Yah resiko kerja di orang memang seperti itu, karenanya di tahun 2010 lalu saya memutuskan membuka usaha jahit sendiri hingga sekarang dan alhamdulillah sekarang saya bisa megang duit tiap hari walaupun tidak banyak namun cukuplah untuk dapurm dan yang terpenting adalah saya akhirnya mempunyai kesempatan untuk bisa menulis blog sederhana ini , membagikan ilmu dan pengalaman menjahit saya kepada Anda.

Nah itu sedikit cerita kehidupan saya,  sekarang kembali ke tutorialnya, langsung saja anda simak proses pengerjaannya sebagai berikut:

Pertama kita siapkan bahan kain yang akan di jadikan bunga mawar ini, disini saya menggunakan kain hicon warna kuning, sisa lining gamis yang saya jahit beberapa waktu yang lalu.



Kemudian potong memanjang dengan lebar 5 cm, anda bisa memotong lebih lebar dari itu, jika menginginkan bunga lebih besar nantinya, untuk panjang di sesuaikan saja sekitar setengah sampai satu meter sudah cukup



Setelah itu jahitlah ujung-ujungnya, lalu balik kedalam




Lalu jahitlah lipit-lipit di bagian sisi nya



Hasil dari jahitan lipit-lipit akan terlihat seperti ini



Kemudian ambil bahan kain yang ingin di tempeli hiasan bunga ini, disini saya menggunakan kain berwarna abu, karena hanya contoh. Lalu gambarlah bulatan dengan menggunakan kapur jahit, besar bulatan bebas, semakin besar maka semakin besar pula bunga tersebut nantinya



Setelah itu tempelkan ujung  kain yang sudah di lipit pada bagian pinggir bulatan



Lalu jahitlah kain lipit tersebut mengelilingi bulatan dan bentuklah membulat seperti bentuk obat nyamuk bakar.



Karena semakin ketengah semakin kecil dan menjahitnya semakin susah, kita bisa menggunakan gunting untuk memposisikan kain tersebut agar lebih mudah di jahit



Dan bentuk akhirnya kira-kira seperti ini



sementara bentuk jahitan di bagian belakang akan terlihat begini



Di sini terlihat jika di bagian tengahnya masih terlihat benang jahitan sehingga terlihat kurang rapih



Karenanya ambilah satu buah kancing hias dengan warna yang sama dengan kainnya, karena disini hanya contoh maka saya menggunakan kancing berwarna merah, kemudian jahitlah kancing tersebut di bagian tengah tersebut untuk menutupinya



Dan inilah hasil akhir pembuatan hiasan bunga dari kain ini



Untuk lebih bagus buatlah beberapa buah pada satu baju dan bisa di padukan dengan payet, bordir dan yang lainnya, variasi bunga mawar ini bisa di tempatkan di bagian mana saja dari baju yang sedang di jahit, biasanya terletak di bagian dada, perut dan bawah baju, namun Anda bebas berkreasi dengan menempatkannya, misalnya di bagian ketiak, atau bawah selangkangan, hehehe.

dan apabila penjelasan di atas masih kurang jelas, silahkan menonton video berikut ini:

 

Kiranya cukup sekian artikel yang bisa saya sampaikan untuk kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan jika sulit teruslah mencoba dengan cara di praktekan dan jangan menyerah, terima kasih atas kunjungannya dan silahkan membaca artikel saya yang lainnya.

Comments

Popular posts from this blog