cara menjahit ujung tangan baju berkaret dengan di tambahi kain kombinasi



Saya mendapatkan jahitan berupa sebuah gamis warna ungu dengan kain kombinasi antara kain polos dan bermotif, gamisnya sendiri terdiri dari dua bagian dan terpisah di bagian pinggang, untuk yang polos di buat untuk bagian badan dan tangannya, sementara kain yang bermotif bunga-bunga kecil untuk bagian bawah dan juga variasi di kerah pinggang dan tangan. Gamis ini di buat kombinasi karena bahan yang bermotif tidak cukup panjang jika di buat gamis karena hanya 1,5 meter panjangnya, sementara untuk membuat sebuah gamis minimal kita membutuhkan 2,5 meter bahan, itu pun untuk model bagian bawah yang tidak begitu lebar, jika bagian bawahnya ingin lebar, maka bahan yang di butuhkan sekitar 3 meter atau lebih dari itu tergantung ukuran pemakainya nanti.


Untuk model gamisnya sendiri adalah sebagai berikut, untuk bagian leher menggunakan kerah berupa kain selebar 3 cm yang di kerut dan dijahit sekelilingnya. dan karena modelnya pas di badan maka resleting jepang di gunakan untuk bagian belakangnya sebagai bukaannya, jika model all size atau bahan yang di gunakan berupa bahan kaos yang melar maka bisa saja tidak menggunakan resleting. Di bagian depan baju menggunakan variasi berupa jahit lipit kecil-kecil yang di sebut opnaisel sebanyak 24 lajur. Pada bagian persambungan antara kain bagian atas yang polos dengan kain bagian bawah yang bermotif bunga di bagian  pinggang di tempel kain selebar 3 cm yang di kerut sebagai variasi jahitan agar lebih bagus, sementara bagian bawah dari gamis ini mempunyai lebar 180 cm dengan penyelesaian di jahit kelim seperti biasa.

Karena untuk tekhnik jahit memasang resleting jepang, membuat kerutan dan menjahit opnaisel sudah pernah saya berikan tutorialnya beberapa waktu lalu, maka untuk kali ini saya ingin memberikan tutorial bagaimana menjahit bagian ujung tangannya yang menggunakan karet elastik tetapi juga dengan di tambahi kain sebar 3 cm.




  • Untuk pengerjaannya pertama kita siapkan kain untuk bagian ujung tangan dengan lebar 8 cm sementara untuk panjang di sesuaikan dengan keinginan, disini ukuran lingkar ujung tangan tersebut adalah 32 cm





  • setelah itu lebar kain tersebut kita lipat dua seperti ini, sehingga lebarnya menjadi 4 cm





  • lalu tempel ke ujung kain tangan lalu jahit dengan jarak kampuh 1 cm





  • kira-kira seperti inilah hasilnya setelah di pasang ke ujung tangan baju





  • selanjutnya kita lakukan pengobrasan pada bagian ujung kain




  • hasil obras akan terlihat seperti berikut


 


  • lalu siapkan karet elastik dengan ukuran lebar 1 cm dan panjang sesuai lingkaran tangan, disini saya memotong karet tersebut sepanjang 18 cm





  • kemudian jahitlah bagian sisi kiri dan kanannya sehingga menempel di kain tangan di bagian kiri dan kanannya juga





  • nah kira-kira seperti ini hasil setelah karet tersebut di jahit di bagian kiri dan kanan dari kain tangan tersebut





  • jika sudah tinggal kita tutup karet tersebut dengan kampuh yang di obras tadi lalu jahitlah dari ujung ke ujungnya





  • setelah di jahit maka secara otomatis kain ujung tangan tersebut menjadi berkerut karena tertarik oleh karet elastik





  • kemudian tinggal kita satukan sisi kiri dengan sisi kanan dari kain tangan baju tersebut





  • jangan lupa untuk mengobrasnya agar lebih rapi





  • maka hasilnya akan jadi seperti ini





  • kira-kira jadi nya akan terlihat seperti ini saat di pakai, yaitu jadi berkerut sehingga menjadi pas pada pergelangan tangannya namun juga mengembang di bagian ujungnya.




Bagaimana cukup mudah bukan? Selain untuk gamis Anda juga bisa menggunakan tekhnik jahit ujung tangan seperti ini untuk baju-baju lainnya, seperti blouse, dan dress baik dewasa maupun anak-anak dan bisa di padukan dengan model lainnya tidak perlu sama seperti model gamis yang saya jahit di atas

Jika masih bingung dengan penjelasan di atas, silahkan menonton video yang sudah saya unggah di youtube berikut ini, di video ini tekhnik jahitnya sedikit berbeda dengan yang saya sampaikan di atas namun hasil akhirnya sama saja.



Kira nya cukup sampai disini artikel yang bisa saya sampaikan kali ini, semoga bisa bermanfaat dan selamat mencoba, sampai jumpa di postingan berikutnya.

Comments

Popular posts from this blog