cara menjahit celana corduroy yang robek di bagian selangkangannya



Kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara memperbaiki celana yang robek atau sedikit sobek di bagian belakang selangkangan, untuk itu kebetulan ada pelanggan jahit saya yang meminta agar celananya yang robek di perbaiki dengan cara di jahit, untuk itu kita jadikan saja sebagai objek untuk tutorial kali ini.


Celana yang akan kita perbaiki ini berbahan corduroy berwarna cream dengan bentuk dan modelnya adalah sebagai berikut:



Pada bagian ban pinggang sebelah kiri di panjangkan sehingga membentuk lidah sepanjang sekitar 5 cm dan di berikan lubang kancing

 

Untuk bagian dalam menggunakan resleting besi berwarna coklat di atasnya di pasang kancing hak ketok dan juga kancing celana biasa berwarna coklat



Di bagian kanan pada ban pinggang terdapat juga kancing hak ketok dan juga kancing, sementara pada bagian golbi nya di berikan lubang kancing.



Bagian pinggir menggunakan saku model miring tanpa lis jadi langsung di lipat dan di jahit



Sementara di bagian depan di berikan lipatan rempel sebanyak dua buah



Pada bagian kanan depan terdapat saku kecil bertutup yang di bobok, lebar bibir saku sekitar 9 cm



Untuk bagian belakang  di buat 2 buah saku bobok 2 paspoal (bibir saku) dan terdapat lubang kancing di bagian bawahnya



Bentuk lubang kancingnya seperti ini, di buat dari benang berwarna coklat



Untuk kancingnya sendiri di pasang di bagian beset dalam saku dan jika di kancingkan maka bentuknya kira-kira seperti ini.



Untuk ukuran celana baik besar maupun panjangnya tidak ada masalah karena sudah cukup, yang menjadi masalah adalah di bagian bawah selangkangan yang robek sekitar 7 cm



Oleh karena hal tersebut, maka saya menjahit bagian yang robek tersebut bolak-balik sebanyak 3 kali, jika ingin lebih kuat bisa di jahit lebih dari itu, misalnya 1000 kali balikan.



Dan bagian terpenting dari jahitan ini adalah saya menjahitnya sedikit lebih ke luar, jadi tidak sama seperti jahitan pertama yang robek dalam artian tidak mengikuti jalur jahitan pertama, ini di maksudkan agar jahitan tersebut mampu mengikuti kerenggangan dari kain celana ketika di pakai, untuk mengetesnya silahkan Anda tarik sehingga lengkungan celana membentuk garis lurus seperti pada gambar, jika jahitan tidak putus maka tandanya sudah oke dan di jamin tidak robek kembali (mudah-mudahan, hehehe).



Nah jika di balik, maka di bagian depan akan terlihat seperti ini, yaitu terdapat warna yang berbeda bekas jahitan yang pertama.



Setelah di jahit seperti itu maka proses pengerjaan pun selesai, tinggal kita lipat dan masukan kedalam kantong plastik dan taruh di tempat yang kering dan bersih menunggu di ambil oleh yang punya.



Dan seperti itulah cara yang saya lakukan dalam memperbaiki celana yang robek di bagian selangkangannya, semoga bisa menambah wawasan Anda di bidang jahit permak, karena walaupun terlihat sepele tetapi kita harus juga mengetahuinya, karena saya yakin suatu saat pasti akan berguna. Demikian postingan saya untuk kali ini, sampai jumpa di artikel berikutnya, terima kasih atas kunjungannya dan silahkan membaca artikel saya yang lainnya.

Comments

Popular posts from this blog