cara menjahit kain tirai gordyn sendiri



Untuk postingan kali ini saya ingin memberikan tutorial bagaimana cara menjahit selembar kain menjadi tirai gordyn atau hordeng, kain ini di gunakan untuk menutupi jendela agar bagian di dalam ruangan tidak terlihat dari luar.


Sebenarnya untuk kain gordyn ini sudah tersedia di pasaran atau toko khusus yang menjual kain tersebut, jadi kita tinggal memilih jenis kain dan warna yang di inginkan, beli, dan selanjutnya tinggal di pasang, namun jika kita ingin membuatnya sendiri juga bisa, karena dengan membuatnya sendiri maka warna dan corak bisa lebih di sesuaikan dengan selera sendiri.

Untuk ukuran kain yang di butuhkan sebaiknya di ukur dahulu lebar dan panjang jendelanya setelah itu barulah kita mempersiapkan kain yang akan di jahit menjadi gordyn nya, sebagai contoh misalnya kita mempunyai jendela dengan ukuran lebar 60 cm x 100 cm, maka ukuran  kain yang di butuhkan adalah sekitar 100 cm x 150 cm,  karena nantinya kebar kain tersebut akan di kerut dan bagian atas dan bawahnya di kelim dengan ukuran keliman masing-masing adalah 7 cm.

Untuk lebih jelasnya silahkan di simak cara pengerjaannya sebagai berikut

Pertama kita jahit kelim dahulu bagian pinggiran kain sisi kiri dan kanan, untuk lebar keliman di sesuaikan saja dengan keinginan, namun biasanya sekitar 3 cm. Setelah itu kita ukur ujung kain atas dan bawahsepanjang 14 cm berikan tanda dengan kapur lalu lipat dua kali sehingga menjadi 7 cm kemudian jahit kelim. Jika ingin lebih kaku, anda bisa memberikan kain pislin di dalam kelimannya.






Selanjutnya kita akan membuat kerutan untuk tempat besi kaitan gordyn ini di bagian atas kain, caranya adalah kita jahit lipat kain tersebut dengan jarak 3,5 cm, lakukan untuk bagian yang lainnya, jarak antara jahitan satu dengan yang lainnya sekitar 8 cm atau sesuai dengan keinginan.




Lalu hasil dari jahit lipat tersebut kita buka dan atur agar terlipat menjadi 3 buah lipatan kecil-kecil,setelah itu kita jahit dengan menggunakan jarum tangan





kira-kira nanti hasilnya akan menjadi seperti ini



Setelah itu tinggal kita masukan besi cantolan ke bagian belakang jahitan tersebut dan kain gordyn ini pun siap di gunakan.




Jika masih kurang jelas dengan penjelasan saya di atas maka sebaiknya menonton saja video berikut ini



Demikian lah tutorial yang bisa saya berikan untuk kali ini semoga bermanfaat, kurang lebihnya saya mohon ma’af.

Comments

Popular posts from this blog