cara membuat kerah shanghai dengan variasi kerut di bagian atas



Untuk postingan kali ini saya akan memberikan tutorial menjahit kerah shanghai dengan variasi kain kerut di bagian atasnya,  membuat kerah shanghai jenis  ini sebenarnya tidak terlalu sulit, karena pembuatannya sama seperti membuat kerah shanghai biasa, hanya saja di tempel dahulu kain kerutnya sebelum di jadikan.

Kerah shanghai seperti ini di gunakan untuk baju-baju wanita, baik dewasa maupun anak-anak, seperti baju gamis, baju muslim, dress, blouse dan yang lainnya, dan tidak cocok jika di pasangkan ke baju pria karena jadi terlihat feminim.

Untuk  panjang kain yang akan di buat kerutan ini agar terlihat bagus maka hendaklah 2 kali dari panjang kerah shanghai tersebut, sebagai contoh kita hendak membuat kerah shanghai dengan panjang 38 cm maka kain yang di butuhkan untuk bagian kerutan sekitar 60 cm, sementara untuk ketinggian kerutan nya sendiri sekitar 1 cm sampai 1,5 cm.

Untuk lebih jelasnya maka berikut ini adalah proses pengerjaannya, disini kita membuat kerah shanghai untuk baju konveksi dengan di tambahi kerutan,  pertama sekali kita buat terlebih dahulu untuk bagian kerutannya, seperti berikut, jika anda belum bisa membuat kerutan dari kain ini silahkan membaca artikel saya yang lalu.



 Setelah kerutan selesai selanjutnya kita buat pola kerah shanghai dari kain staplek kemudian tempelkan ke kain kerah dengan cara di gosok dengan seterika panas hingga benar-benar menempel sempurna.




Lalu kain kerah tersebut kita gunting sekelilingnya dengan menyisakan jarak 1 cm dari kain keras kerah, kemudian jahitlah bagian kaki kerah dengan jarak sekitar 5 mili dari ujung.

 
Kemudian kain kerutan kita tempel di bagian atas kerah, ataur jahitan agar tepat menempel di pinggir kain staplek.



Jika sudah selanjutnya tempel kain kerah yang sebelahnya, kemudian jahitlah sekeliling kain staplek tersebut kecuali bagian kaki nya.



Setelah selesai  di jahit guntinglah kelebihan kain kerah dan tinggal di balik keluar, perhatikan besarnya kerutan haruslah sama rata, jika ada yang lebih besar maka perbaikilah dahulu.



Jika dirasa sudah bagus, tinggal kita pasang ke kerung leher , tempel kerah tersebut  dari bagian dalam, lalu jahitlah dari ujung ke ujung hingga kerah terpasang dengan benar.



Hasil dari pemasangan kerah tersebut ke kerung leher kira-kira seperti gambar berikut.
 


Nah seperti itulah langkah pembuatan kerah shanghai dengan variasi kain kerut di bagian atasnya, semoga bisa di mengerti, jika masih belum paham maka silahkan menonton saja tutorial ini dalam bentuk video di bawah ini.



Demikianlah artikel yang bisa saya sampaikan di kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi Anda dan terima kasih atas kunjungannya.

Comments

Popular posts from this blog