Gambar pola lengan raglan dan keterangan cara membuatnya



Pada postingan kali ini saya akan memberikan gambar pola lengan raglan, untuk penjelasan lengkap apa itu lengan raglan saya kurang tahu, yang jelas Lengan raglan adalah jenis pola baju yang mempunyai sambungan lengan dan badannya  bukan di bagian bahu, namun langsung ke bagian leher, jadi bagian ujung dari lengan ini adalah juga bagian dari kerung leher, jadi sambungannya dari leher langsung menuju ke kerung lengan di bawah ketiak.

Lengan raglan banyak di gunakan pada pembuatan pakaian semacam jaket, kaos, dan baju wanita baik dewasa maupun anak-anak, Karena bentuk polanya yang unik, maka lengan raglan cocok jika di buat pakaian dengan kain kombinasi berbeda warna antara pola badan dengan pola lengannya, misalnya kombinasi antara hitam dengan biru dan sebagainya.

Jika Anda mengikuti kursus menjahit, anda akan mendapatkan pelajaran menjahit model baju dengan menggunakan pola lengan raglan ini di tingkat terampil, saya sendiri waktu itu praktek membuat baju dengan menggunakan pola lengan ini berupa model baju wanita yang berkerut di bagian leher dan bagian ujung tangannya dengan menggunakan karet elastik.

Untuk bentuk pola dari lengan raglan ini adalah sebagai berikut:



Untuk keterangannya bisa Anda lihat sendiri pada gambar,  yaitu pertama kita buat dahulu pola dasar badan, dalam contoh disini yang di gunakan adalah pola dasar badan baju wanita, jika anda belum tahu bentuk pola dasar badan baju wanita silahkan membaca artikel saya yang lalu


Coba perhatikan garis yang berwarna hitam merupakan pola badan sedangkan garis yang saya beri warna merah dan biru adalah pola lengannya, yang warna merah bagian depan sedangkan yang warna biru adalah pola lengan bagian belakang.

Untuk membuat pola nya sendiri kita tinggal menyiapkan 2 lembar kertas Koran, kemudian kita buat pola dasar badan, setelah jadi selanjutnya tinggal kita rubah pola dasar tersebut seperti keterangan yang tertera pada gambar di atas, setelah pola jadi tinggal kita gunting dan pisahkan antara bagian lengan dengan badannya, nah antara lengan depan dan belakang kita gabungkan pada bagian sisi nya sehingga membentuk pola seperti ini.



Setelah pola selesai di buat di kertas Koran, coba tempelkan antara pola badan dan lengannya apakah ukurannya sudah pas pada bagian yang nanti akan di sambung, jika masih belum pas,karena ada yang kepanjangan atau kependekan silahkan di betulkan kembali, dan jika dirasa sudah betul semua silahkan menempelkan pola kertas tersebut ke kain yang akan di buat baju kemudian gunting dan jahit sampai selesai.

Kiranya cukup sampai disini yang bisa saya sampaikan untuk postingan kali ini silahkan di pelajari dengan seksama, karena suatu saat pasti akan bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa pada artikel saya berikutnya.

Comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Artikelnya sangat membantu sekali kak ^^
    kalau kaka mencari contoh pola baju yang sudah jadi, kaka bisa mengunjungi situs kami di fitinline.com

    ReplyDelete

Post a Comment

silahkan bertanya tentang tutorial ini jika belum mengerti

Popular posts from this blog