panduan cara memotong kain batik agar sama gambar motifnya



Selamat berjumpa kembali, untuk postingan kali ini saya ingin mencoba memberikan tutorial bagaimana cara memotong kemeja batik. Kebetulan ada yang menjahit kemeja batik dengan motif dari daerah Bogor, kita jadikan saja sebagai objek untuk tutorial kali ini.


Sebagaimana yang kita tahu bahwa memotong kemeja kain batik itu berbeda dengan cara memotong kain polos, karena gambar motif nya harus bertemu agar terlihat bagus, jika memotong kemeja dengan kain polos kita bisa membolak-balikan pola depan dan belakangnya, maka lain halnya jika memotong kemeja dari kain batik yang harus se arah semua.

Untuk memotong kain batik agar tepat bertemu gambar motifnya, rahasianya adalah memotong sebelah dahulu dari pola baju, setelah itu di cocokan atau di pas kan gambar motifnya dan setelah tepat bertemu barulah kemudian di gunting pola yang satunya, semudah itu.

untuk anda yang saat ini belum tahu bagaimana cara memotong pola  kemeja kain batik ini silahkan mengikuti proses memotong polanya sebagai berikut :

pertama kita hamparkan kain batik di meja atau lantai yang bersih, kemudian amati gambar motif yang paling mencolok dan sekiranya bagus jika berada di tengah baju nantinya, jika motifnya  tidak ada yang mencolok atau sama semua maka lebih mudah karena yang mana saja bisa di gunakan.


Setelah menentukan gambar yang akan menjadi titik tengah dari baju nantinya, maka buatlah satu garis lurus, sebagai tanda bahwa titik tengah baju adalah di situ


Lanjutkan dengan membuat garis lurus kedua, dengan jarak 2 cm dari garis yang pertama, ini adalah untuk tempat menumpuknya kancing dan lubang kancing nantinya.


Setelah itu Anda bisa melanjutkan dengan membuat pola baju bagian depan seperti biasa, dan setelah jadi langsung saja di gunting dengan memberikan lebihan kain di bagian depan selebar 4 cm untuk keliman tempat kancing dan rumah kancing.



Setelah selembar pola depan ini di gunting, selanjutnya cari gambar motif pada kain batik yang belum digunting yang menjadi pasangan dari gambar motif pada kain pola depan tersebut, jika sudah ketemu maka lipatlah kelebihan kain yang 4 cm tadi. Lalu tempelkan ke kain batik yang belum di gunting tepat pada gambar motif yang sama persis yang merupakan pasangan dari gambar motif yang ada di kain pola baju batik yang sudah kita gunting.




Setelah di rasa cocok motif gambar nya, tandai dengan kapur dan buatlah garis lurus di kain batik yang belum di gunting tersebut.



Jika sudah lanjutkan dengan membuat satu lagi garis dengan jarak lebar 2 cm dari garis yang pertama, 2 cm ini untuk tempat menumpuknya kancing dan rumah kancing kemeja nantinya.



Setelah garis kedua di buat, maka tempelkan garis paling depan dari pola kemeja yang pertama tepat pada garis kedua yang ada di kain batik yang belum kita gunting tersebut atur posisinya agar sama persis bertemu.



Jika sudah tepat bertemu maka kita bisa menggunting kain tersebut, samakan guntingan dengan pola yang pertama.




Setelah itu kita bisa membuat pola belakang dan pola tangan seperti biasa, dan menjahit baju kemeja tersebut sampai selesai. Biasanya untuk kemeja batik menggunakan  rumah kancing hilang dan saku yang dibobok, jika Anda belum bisa membuat keduanya silahkan membaca artikel  saya yang terdahulu dengan melihat daftar isi dari blog ini.

Nah seperti itulah cara untuk menggunting pola kemeja pada kain batik, semoga bisa di pahami, jika belum paham, silahkan baca-baca kembali dan yang paling penting adalah mempraktekannya langsung, jika belum bisa membuat pola di kain, silahkan membuatnya terlebih dahulu pada kertas.

Demikian  postingan saya untuk kali ini terima kasih atas kunjungannya dan silahkan membaca artikel saya yang lainnya.

Comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Pak..saya mau tanya..
    Kenapa ya..lebar badan bag muka.yg sblah kiri dan kanan beda 1_2cm.
    Untuk batik yg nyamain motif.
    Misalnya ld 100 kiri 24cm yg kanan 26cm
    Tapi kalau di hitung keselurahn
    hasilnya y sama 100cm.

    ReplyDelete

Post a Comment

silahkan bertanya tentang tutorial ini jika belum mengerti

Popular posts from this blog