menjahit kembali saku jaket warna hitam yang sobek



Pada postingan kali ini saya ingin share bagaimana cara saya memperbaiki sebuah jaket yang bagian saku nya sobek, satu jam sebelum turun hujan saya mendapatkan jahitan permak berupa sebuah jaket berwarna hitam berbahan kain drill ini, saku yang sobeknya yaitu di bagian kanan. Jahitan yang lepas inilah yang di minta oleh pelanggan jahit untuk di jahit kembali agar rapi.




Kalau di lihat sekilas, jahitan permak ini tampak sepele, yaitu hanya menjahit kembali bagian yang sobek tersebut, namun karena jaket tersebut mempunyai  lapisan berupa kain vuring di bagian dalamnya, jadi jika saya menjahitnya dengan menggunakan mesin jahit, haruslah membongkar sebagian vuring tersebut, karena tidak mungkin langsung di jahit karena terhalang oleh vuring, padahal sobeknya sendiri hanya sedikit, jadi nya akan makan banyak waktu, hanya untuk menjahit kembali bagian vuring jaket tersebut.



Oleh karena hal tersebut maka saya memutuskan untuk menyatukan bagian yang sobek tersebut dengan cara menjahit nya menggunakan jarum tangan karena lebih efisien dalam waktu.



Untuk itu saya segera menyiapkan jarum tangan dan saya isi dengan sehelai benang, lalu menjahit bagian saku jaket yang sobek tersebut, sehingga rapi kembali dan hasilnya seperti gambar berikut ini



Dengan di jahit menggunakan jarum tangan tersebut saya hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit saja, sementara jika di jahit dengan menggunakan mesin maka saya membutuhkan waktu yang lebih dari itu, karena harus membongkar sebagian jahitan yang lain sebelum saya menjahit bagian yang sobek tersebut.

Kasus jahitan seperti di atas banyak juga kita dapatkan saat menjahit, contohnya seperti bagian celana yang sobek pada persambungan ban pinggang belakang, sobek sedikit di bagian ujung celana, di bagian bawah golbi, dan lain sebagainya. Oleh karena itu kita sebagai tukang jahit perlu juga menguasai tekhnik jahit seperti ini.

Cara menjahit tusuk soom atau sum untuk menyatukan bagian kain yang sulit di jahit dengan menggunakan mesin jahit ini sudah pernah saya berikan tutorialnya di waktu yang lalu, silahkan di baca jika Anda belum bisa.


Kira nya cukup sampai disini yang bisa saya sampaikan pada postingan saya kali ini, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya. Jika masih ada yang belum di mengerti silahkan bertanya di kolom komentar.

Comments

Popular posts from this blog