tips membuat garis lurus yang panjang tanpa penggaris panjang pada pembuatan pola baju



Untuk membuat pola, baik pada kertas maupun lansung di kain, kita membutuhkan beberapa peralatan sebagai pendukungnya. Peralatan ini terdiri dari meteran, penggaris lurus, penggaris kerung dan penggaris lengkung, kapur jahit, karbon jahit dan raderan.


Jika kita membuat pola baju dengan model biasa, maka pembuatan pola ini bisa langsung di kainnya, namun jika model baju tersebut rumit, maka sebaiknya di buat di kertas terlebih dahulu untuk menghindari kesalahan potong.

Untuk penggaris lurus, jika kita membeli di toko peralatan jahit biasanya berukuran 60 cm, saat kita membuat pola baju yang panjang, misalnya baju gamis, yang mempunyai garis lurus yang panjang, terkadang ukuran penggaris lurus yang kita miliki tersebut tidak cukup panjang jika langsung di gunakan untuk menggaris.

Oleh karena nya kita menggaris sebanyak dua kali atau lebih untuk membuat garis lurus tersebut, namun jika kita belum terbiasa, bisa saja garis yang di hasilkan tidak benar-benar lurus, namun sedikit bengkok.

Untuk itu pada kesempatan ini saya ingin memberikan tutorial bagaimana membuat garis lurus pada pembuatan pola baju jika tidak mempunyai penggaris yang panjang, yaitu caranya dengan menggunakan meteran.

Pertama kita tempel meteran pada masing-masing ujung tanda yang ingin di buat garis lurus tersebut



Selanjutnya berikanlah tanda pada beberapa titik dengan menggunakan kapur jahit



Nah setelah itu kita bisa menggaris lurus dengan kapur dengan panduan tanda titik yang kita buat barusan.




Dengan cara ini kita bisa membuat garis lurus yang panjang walaupun tidak mempunyai penggaris panjang.

Demikian tutorial kali ini, walaupun terlihat sepele, mungkin suatu saat akan bermanfaat bagi Anda, terima kasih atas kunjungannya dan silahkan membaca artikel saya yang lainnya

Comments

Popular posts from this blog