cara mengakali baju yang bolong karena di setrika



Untuk postingan kali ini saya ingin membagi cara saya dalam memperbaiki sebuah baju gamis wanita berbahan dasar kaos jersey yang bagian bawahnya bolong karena di gosok menggunakan setrikaan yang terlalu panas.



Kasus kain yang menjadi berlubang karena setrika memang cukup sering terjadi, penyebabnya karena kita tidak memperhatikan aturan penggunaan panas setrika untuk setiap kain yang kita gosok, hal ini di sebabkan karena minimnya pengetahuan untuk mengenal jenis-jenis dari kain baju tersebut.

Saya sendiri dulu waktu masih bekerja di tempat jahit orang, pernah beberapa kali mengalami hal tersebut, beruntung yang bolong kena gosok hanya bagian lapisan, dan bukan bahan baju utama, ini karena setrika yang saya gunakan waktu itu besi pengatur suhunya sudah rusak, sehingga setrika terus menyala dan tidak mati. Teman saya pun mengalami juga. dan setelah kejadian itu bos tempat saya bekerja segera mengganti setrika tersebut dengan yang baru.

Jika di tailor jaman dulu proses menyetrika ini ada jasa setrika, jadi setelah proses menjahit selesai kita membawa baju tersebut ke tukang jasa gosok tersebut untuk di seterika, dan setrika yang di gunakan pun masih berupa setrika arang dengan tatakan daun pisang. Kalau sekarang mungkin sudah tidak ada jasa setrika seperti itu.

Kembali ke baju pelanggan jahit saya yang bolong tadi, dia menginginkan agar saya mengakali nya agar bolong tersebut bisa hilang, dan memberikan sebuah jilbab dengan warna agak mirip agar di gunakan kainnya untuk menambal bolongan tersebut, sayang katanya kalau tidak di perbaiki karena baru 2 kali di gunakan.

Saya kemudian mempunyai ide untuk membuat variasi di bagian yang bolong tersebut, karena jika langsung di tambal begitu saja  jadinya terlihat kurang bagus, saya memberikan saran bagaimana jika kain yang bolong tersebut di buang, kemudian di ganti dengan kain dari jilbab dengan di rempel, dan pelanggan saya pun menyetujuinya.

Untuk lebih jelas bagaimana cara pengerjaannya, berikut ini adalah proses nya silahkan Anda simak.

Pertama saya menggunting kain gamis yang bolong ini berbentuk kotak, disini panjang yang digunting adalah 18 cm dengan tinggi 14 cm



Setelah itu saya menggunting kain jilbab dengan tinggi17 cm, dengan perincian 2 cm untuk keliman dan 1 cm untuk lebihan jahitan, setelah itu saya mengobras salah satu ujung kain tersebut kemudian dilipat 2 cm lalu di jahit.


Kemudian saya melipat lipat kain tersebut sehingga membentuk rempelan dan saya ukur panjangnya menjadi 18 cm di samakan dengan panjang pada gamis.



Setelah itu menyatukannya dengan kain gamis, lalu saya obras dan jahit stik di bagian pinggirnya. Untuk menyatukan bagian kain yang menyiku agar terlihat bagus, saya sudah memberikan tutorialnya beberapa waktu yang lalu, jika Anda belum bisa, silahkan membacanya.





Agar rempelan terlihat bagus, saya menyetrika nya agar bentuknya lebih terlihat rapi, dan hasil akhirnya terlihat seperti di bawah ini.



Dan seperti itulah proses saya menyiasati kain gamis yang bolong tersebut, inti dari postingan saya ini adalah jika kita mendapati kasus seperti ini baik itu karena kesalahan kita seperti salah potong, maka cara mengakali nya adalah dengan merubah model dari baju tersebut, tambahi variasi jahitan yang lain sehingga baju terlihat bagus.

Kiranya cukup sampai disini yang bisa saya sampaikan kali ini, semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya

Comments

Post a Comment

silahkan bertanya tentang tutorial ini jika belum mengerti

Popular posts from this blog