cara mudah membuat saku bobok yang menggunakan resleting



Selamat datang untuk yang baru pertama kali nyasar kesini, dan selamat berjumpa kembali buat Anda yang setia mampir ke blog sederhana saya ini. Pada postingan kali ini saya akan memberikan cara membuat saku bobok pada jaket yang menggunakan resleting.


Sebenarnya saya menerima jahitan berupa jaket ini sudah 3 hari yang lalu, namun baru sempat mengerjakan nya sekarang, jaket yang akan saya permak kali ini berwarna hijau dengan bagian dalam berwarna pink, dari segi ukuran tidak ada masalah karena sudah pas di badan, namun pemiliknya ingin agar jaket ini di berikan saku bobok yang menggunakan resleting di bagian dalamnya.



Disini Saya akan share bagaimana cara saya membuat saku bobok dengan resleting ini, karena saku jenis ini banyak juga di gunakan untuk jenis pakaian lainnya, maka siapa tahu ada yang membutuhkan cara membuatnya.



Untuk membuat saku bobok kita membutuhkan beset (kain lidah saku) sebanyak 2 buah, untuk lidah saku atas dan bawah, karena ini hanya jahitan permak dan sakunya terletak di dalam, saya menggunakan bahan yang berbeda untuk besetnya, dan beset yang saya pakai ini sekaligus menjadi bahan saku bobok tersebut.

Tidak perlu panjang lebar lagi, berikut ini adalah proses pembuatannya silahkan Anda simak sebagai berikut.

Pertama saya memberikan tanda dengan kapur di bagian yang akan menjadi saku bobok tersebut nantinya, saya membuat tanda berupa kotak dengan ukuran 1,5 cmx12 cm kemudian menggunting tengahnya, di bagian ujungnya saya gunting bercabang



Setelah itu saya menyiapkan dua buah resleting biasa dengan ukuran 20 cm berwarna pink. Karena saku nya akan di buat 2 buah di bagian kiri dan kanan jaket tersebut, resleting biasa ini bisa Anda ganti dengan resleting jepang jika mau.

Setelah itu saya menjahit kain saku ke resleting, saya atur agar kain saku yang merangkap beset ini menutupi resleting, lebar kain saku yang saya gunakan adalah 18 cm dengan panjang 40 cm.




Kemudian saya mulai menempelkan resleting tersebut ke kain jaket yang sudah di gunting tadi, saya mulai dengan bagian bawah terlebih dahulu, kemudian bagian atasnya, setelah di rasa jahitannya benanr selanjutnyamemasukan kain saku tersebut ke lubang saku dan atur posisinya agar pas, di sini kita tinggal menjahit bagian sisi kiri dan kanan dari saku tersebut




Cuma masalahnya menjahitnya harus dari bagian dalam dan karena ini jaket yang sudah jadi, maka harus kita buat lubang terlebih dahulu untuk menjahit bagian saku tersebut, untuk itu saya membuka jahitan bagian sisi nya.



Setelah itu tinggal kita ambil bagian saku tersebut melalui lubang yang sudah kita buat barusan, lalu menjahit bagian sisi saku tersebut, di lanjutkan dengan menjahit sekeliling kain saku.




setelah sekeliling kain saku di jahit tinggal kita masukan kembali ke dalam jaket, dan berikut adalah hasil dari pembuatan saku bobok dengan resleting ini.




Sampai disini pengerjaannya sudah selesai, tinggal kita menjahit kembali bagian sisi jaket yang kita buka tadi, karena susah jika menggunakan mesin jahit, maka saya menggunakan jarum tangan untuk menjahitnnya, jahitannya kurang lebih sama seperti untuk penyelesaian jahitan boneka, saya sudah memberikan tutorial cara menjahit dengan tangan ini di artikel yang lalu, silahkan di baca jika Anda belum mengetahunnya






Dan setelah menjahit kembali bagian pinggir jaket tersebut maka proses pengerjaan ini pun selesai, tidak berapa lama setelah nya pemilik jaket ini pun datang untuk mengambilnya.

Cara yang saya sampaikan diatas ini bisa Anda gunakan pada jenis pakaian lainnya, tidak hanya untuk jaket, tergantung dari model pakaian nya.

Kiranya cukup sampai disini yang bisa saya sampaikan pada postingan kali ini, semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya, silahkan membaca artikel saya yang lainnya.

Comments

Popular posts from this blog