cara menjahit lengan tulip



Jika Anda saat ini merupakan penjahit pemula, pasti mengalami kesulitan dalam pembuatan dan pemasangannya pada kerungan tangan, oleh karena nya di postingan kali ini saya akan memberikan cara bagaimana membuat dan memasang lengan tulip tersebut, mulai dari pola sampai proses pemasangannya. Jika di tempat kursus menjahit, pelajaran menjahit lengan tulip ini bisa Anda dapatkan di tingkat mahir


Sedikit penjelasan lengan tulip adalah lengan yang membentuk kelopak seperti bunga tulip, untuk membuat lengan tulip kita membutuhkan dua lembar pola tangan biasa yang selanjutnya di gunting sesuai dengan pola lengan tulip tersebut. Untuk pola nya sendiri adalah seperti berikut



Lengan tulip sendiri biasanya di gunakan untuk baju wanita, Karena model tangan seperti ini tidak cocok jika di gunakan untuk pakaian pria. Baju yang menggunakannya bisa untuk semua jenis baju wanita baik anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Mulai dari pakaian untuk bersantai sampai gaun pesta, sesuai dengan model yang di inginkan.

Untuk penyelesaian ujung dari lengan tulip, biasanya menggunakan jahitan kelim kecil atau di neci agar kelihatan bagus, bisa juga dengan di jahit soom tangan. Agar lebih jelas bagaimana proses pengerjaannya berikut ini adalah langkah-langkahnya, silahkan disimak sebagai berikut:

Pertama kita ukur dahulu kerung tangan baju nya berapa, karena ini yang akan di jadikan patokan untuk pembuatan pola tangan. Pada contoh di sini ukuran kerung tangannya adalah 34 cm, setelah ukuran kerung tangan di dapat selanjutnya buat pola tangan di kertas sebanyak 2 buah.



Setelah itu guntinglah sesuai dengan pola lengan tulip, disini saya merangkap pola tangan tersebut menjadi satu kemudian di gunting agar lebih praktis



Jika sudah di gunting tinggal kita tempelkan masing-masing ujung nya dan tempatkan pada kain



Kemudian necilah bagian ujungnya, atau bisa juga dengan di jahit kelim kecil, seperti yang pernah saya berikan tutorialnya beberapa waktu yang lalu.




Kemudian berikan tanda kapur pada titik tengah dari lengan tersebut



Setelah itu tinggal kita tempelkan bagian yang di berikan tanda kapur tersebut ke bagian bawah kerung tangan baju.



Selanjutnya jahitlah sekeliling lengan tulip tersebut sampai menempel di kerung tangan, patokan pemasangannya adalah bagian belakang menutupi bagian depan, untuk lebih jelas silahkan perhatikan gambar dibawah.



Nah seperti itulah bentuk dari lengan tulip jika sudah jadi dan di gunakan, lengan tulip ini bisa juga terdiri dari beberapa lembar jadi tidak hanya satu lembar, agar terlihat seperti bunga tulip, kita bisa memakai dua lembar kain tangan, yang satu pola tangan biasa, sedangkan luarnya di bungkus dengan lengan tulip.
Demikianlah cara untuk membuat lengan tulip, semoga bisa Anda pahami dan memberikan manfaat, dan akhirnya cukup sampai disini yang bisa saya sampaikan kali ini, terima kasih atas kunjungannya dan silahkan membaca artikel saya yang lainnya.

Comments

Popular posts from this blog