cara memperbaiki resleting dompet berbahan manik-manik yang rusak



Selamat berjumpa kembali, dewasa ini model dompet wanita  bermacam-macam, baik itu dalam jenis maupun modelnya, dompet bukan sekedar hanya untuk menaruh uang, kartu, dan kosmetik, namun juga sebagai penunjang penampilan, bahan untuk pembuatan dompet atau tas pun sangat beragam, hampir semua jenis bahan bisa di sulap menjadi dompet atau tas mulai dari kain batik, kulit, spon, Ace, kayu, batu dan yang lainnya.


Tempat yang memproduksi tas dan dompet ini sangat banyak, mulai dari skala home industri sampai yang skala besar, jika di kota Bogor, sentra pengrajin tas ini berada di daerah tajur, dengan nama terminal tas, di sana banyak terdapat toko tas dengan harga yang tergolong murah, dan sepertinya sudah terkenal ke beberapa daerah sekitar. Saya sendiri pernah membeli sebuah tas punggung seharga 50 ribu dan bisa di pakai sampai bertahun-tahun.

dompet kecil yang saya dapat dari seorang pelanggan saya ini, terbuat dari spon yang di lapis dengan manik-manik, terlihat bagus, lucu dan unik. Manik-manik dan spon ini jika kita hendak membuat dompet seperti ini bisa kita dapat di toko peralatan tas, untuk membuatnya kita membutuhkan lem aibon dan latex yang semuanya sudah tersedia di toko tersebut, untuk ketebalan spon, di berikan kode dengan awalan hurup T, untuk dompet yang saya dapat ini menggunakan spon t2. semakin besar angkanya semakin tebal spon tersebut.



Karena dompet ini di lapis manik-manik atau semacam payet yang tidak bisa dijahit dengan mesin jahit, maka pemasangan resletingnya menggunakan jahitan jelujur, dan sepertinya semua bagiannya juga menggunakan jahitan tangan. Sayangnya resleting atau tutup tarik yang di gunakan kurang bagus kualitasnya, sehingga mudah rusak seperti ini.



Disini setelah saya periksa, rel resletingnya masih bagus, hanya kepala resletingnya yang rusak, maka saya memutuskan untuk mengganti saja kepalanya, tidak usah di bongkar semua, karena akan memakan waktu lama dalam pengerjaannya nanti.

Untuk itu saya membeli resleting baru dengan warna sama dengan resleting yang terpasang di dompet yaitu warna hitam, setelah itu saya mengambil kepala resletingnya. Karena akan di gunakan untuk mengganti kepala resleting yang rusak tersebut.



Sebetulnya untuk mengganti kepala resleting sangat mudah, kita hanya perlu memasukan rel resleting tersebut satu persatu untuk selanjutnya di tarik, untuk lebih jelas bagaimana pengerjaannya silahkan Anda simak langkah-langkah pengerjaannya berikut ini:

Yang pertama saya membuang dahulu kepala resleting lama yang masih ada di dompet, saya membuangnya dengan hati-hati agar rel resleting tidak menjadi rusak.


  • Setelah itu saya menggunting sedikit ujung rel resleting agar panjangnya tidak sama, kemudian memasukan kepala resleting yang baru dari bagian depan ke rel yang paling panjang terlebih dahulu.





  • Kemudian di lanjutkan dengan memasukan rel yang satunya ke lubang kepala resleting, lalu tinggal menariknya sampai kedua rel masuk semua ke kepala resleting.





  • Selanjutnya tinggal menjahit kembali bagian ujung rel resleting tersebut agar tidak terlepas kembali, supaya kepala resleting tidak lepas kembali, saya memberikan jarum pentul di bagian ujung sebagai penahan





  • Lalu dengan menggunakan jarum tangan menjahit bagian ujungnya agar kuat.





  • Dan proses mengganti kepala resleting pun selesai, dompet pun siap di gunakan kembali oleh pemiliknya, untuk hasil akhir terlihat seperti gambar berikut.




Demikian cara untuk membetulkan resleting dompet, cara ini bisa Anda gunakan jika mendapati dompet atau tas yang rusak bagian kepalanya namun rel resletingnya masih bagus, jadi tidak usah di bongkar semua cukup kepalanya saja yang di buang kemudian di ganti dengan yang baru.

Akhirnya cukup sampai disini dahulu artikel untuk kali ini, terima kasih atas kunjungannya dan silahkan membaca artikel saya yang lainnya. Jika masih ada yang belum di mengerti silahkan bertanya di kolom komentar.

Comments

Popular posts from this blog