cara mudah memotong cardigan yang kepanjangan



Selamat berjumpa kembali, pada postingan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara nya memotong baju cardigan yang kepanjangan. Sebagai objek untuk tutorial kali ini, adalah sebuah baju cardigan tanpa lengan berbahan kaos dan mempunyai abu-abu hijau milik pelanggan menjahit saya.


Sedikit penjelasan tentang baju cardigan yang saya tahu adalah di Negara luar baju jenis ini berfungsi sebagai penahan dari udara dingin, sehingga di buat dari bahan kain yang tebal, jika disini selain sebagai pelindung dari cuaca dingin atau panas, juga sebagai penunjang penampilan agar terlihat lebih modis, karena disini kebanyakan udara nya panas maka cardigan ini juga banyak yang terbuat dari kain yang tipis seperti hicon.

Cardigan bisa di padu padan kan dengan jenis pakaian lainnya, karena baju ini merupakan pelengkap setelah baju utama kita gunakan. Karena baju cardigan ini biasanya panjang maka pada orang gemuk bisa juga berguna untuk menutupi lipatan di tubuh terutama pada bagian perut, namun untuk orang berpostur tubuh pendek sebaiknya jangan menggunakan cardigan yang terlalu panjang karena akan mengakibatkan terlihat lebih pendek, jadi maksimalnya gunakanlah cardigan yang panjangnya sampai lutut.

Jika lebih panjang dari lutut sebaiknya di potong saja, dan disini saya akan memberikan cara bagaimana langkah-langkah pengerjaannya silahkan di simak sebagai berikut.

Disini pelanggan jahit saya memberikan baju cardigan lain berwarna hijau tosca sebagai contoh ukuran panjang yang di inginkan.



Setelah saya ukur disini di dapat kan ukuran yaitu 73 cm, maka cardigan tersebut juga harus mengikuti ukuran tersebut



Yang pertama saya lakukan untuk memotongnya adalah dengan menggantung cardigan yang akan di potong dengan menggunakan hanger atau gantungan baju yang terbuat dari plastik, bisa juga terbuat dari kayu yang penting kuat untuk menyangga berat baju.



Kemudian saya ukur panjangnya dan  memberikan tanda dengan kapur sesuai dengan panjang cardigan contoh yaitu 73 cm



Kemudian baju tersebut saya turunkan dari hanger lalu saya letakan di atas meja potong, dan melipatnya, setelah dirasa pas kemudian saya lakukan pemotongan dengan memberikan lebihan sebesar 3 cm untuk keliman nantinya.



Lalu ujung kain saya obras, karena disini saya akan mengelimnya dengan melipatnya satu kali, jika di lipat dua kali maka tidak perlu di obras.



Setelah di obras selanjutnya mulai menjahit kelim ujung kain tersebut.



Sekarang tiba saatnya melakukan penyamaan panjang antara kedua baju cardigan ini dengan cara menggantung keduanya seperti berikut, karena sudah sama maka tinggal di lipat dan masukan kedalam kantong plastik siap di ambil oleh yang punya baju tersebut.



Cara memotong  yang saya berikan di atas, bisa juga di gunakan untuk baju lainnya seperti gamis payung baik itu setengah lingkar maupun satu lingkaran penuh. Agar menghasilkan potongan yang rata

Comments

Popular posts from this blog