cara membuat bukaan depan baju kaos



kaos yang memakai bukaan kancing di depan adalah kaos wangki atau polo shirt yang mempunyai kerah, jika kaos oblong sih tidak ada bukaan depannya, biasanya panjang bukaan depan kaos tersebut sekitar 15 cm dan terdiri dari dua sampai tiga buah kancing.


Pada kesempatan ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara pembuatannya, untuk membuat bukaan depan pada baju kaos sebenarnya sangat mudah, kita hanya membutuhkan satu lembar kain untuk peralatannya yang berukuran 8 cm x 18 cm kemudian kita berikan pislin pada salah satu sisi nya setelah itu obras sekelilingnya. Dan berikan tanda dengan kapur seperti pada gambar di bawah ini.



Pada kain baju berikan tanda dengan kapur tepat pada tengah-tengah kerungan leher bagian depan dengan panjang sekitar 15 cm



Setelah itu jahit membentuk hurup U tepat pada tanda kapur



Kemudian gunting tengahnya



Pada bagian kain peralatan yang paling besar atau yang sebelah kanan, lipat sehingga menjadi 2.5 cm kemudian jahit tindas pada pinggirnya, jika berencana memasang kerah model kaos maka jangan dulu di jahit tindas pada pinggirannya. Jadi jahitan tindas tersebut di lakukan setelah kerah terpasang pada kerungan leher.



Jika sudah selanjutnya lakukan jahit stik pada bagian yang sebelahnya yang akan menjadi tempat lubang kancing



berikutnya tinggal kita posisikan seperti berikut



agar bentuknya tidak berubah kembali maka jahit di bagian bawahnya sebanyak dua jalur seperti ini



dan jika di lihat dari dalam maka bentuknya seperti berikut



Sampai di sini proses pembuatan bukaan depan kaos sudah selesai, selanjutnya tinggal memasangkan kerahnya, dan akan kita bahas pada lain kesempatan. jika masih bingung dengan yang di sampaikan di atas coba saja sambil di praktekan membuatnya.

Tekhnik membuat bukaan kancing model kaos ini bisa di terapkan juga pada jenis baju lainnya baik pakaian pria maupun wanita tergantung modelnya jadi tidak melulu hanya untuk kaos saja.

Demikian tutorial untuk kali ini semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya. Jika masih ada yang belum di mengerti silahkan bertanya di kolom komentar.

Comments

Post a Comment

silahkan bertanya tentang tutorial ini jika belum mengerti

Popular posts from this blog