cara menjahit sambungan kain yang menyiku atau mempunyai sudut



Selamat berjumpa kembali, dalam menjahit pakaian yang mempunyai variasi sambungan kain yang berbeda warna maka jahitan sambungan ini tidak selamanya lurus, ada kalanya bengkok, serong ataupun menyiku, menyesuaikan dengan model baju yang dijahit, sambungan menyiku ini bisa terdapat pada baju baik baju wanita maupun pria, dewasa dan anak-anak.


Bagi penjahit pemula, menyatukan dua lembar kain pada bagian yang menyiku dan mempunyai sudut tentu ada kesulitan tersendiri, pasti bertanya-tanya bagaimana cara menjahitnya agar bentuk sudut tersebut bisa terlihat bagus dan siku. Ini juga yang dulu terjadi pada saya sendiri.

Maka berdasarkan pengalaman tersebut pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial nya, bagaimana cara mudah menjahit dua lembar kain yang menyiku dan mempunyai sudut tersebut agar terlihat bagus, karena jika kita sudah tahu tekhniknya sebenarnya mudah saja untuk pengerjaannya.

Disini saya menyontohkan akan menjahit sambung kain warna putih dengan kain warna hitam membentuk kotak. Untuk itu yang harus kita lakukan adalah menyamakan lebar kain yang akan di sambung agar mudah saat pengerjaannya, untuk lebih jelas bagaimana prosesnya silahkan disimak langkah-langkahnya sebagai berikut:

Berikan tanda dengan kapur atau karbon jahit dengan cara di rader pada kain yang akan di jadikan tempat untuk menempelnya kain lain, berikan tanda dengan jelas agar terlihat, kemudian gunting di bagian tengahnya dengan di berikan lebihan untuk jahitan sekitar 1 cm



Setelah itu guntinglah pada bagian yang menyiku atau pada setiap sudut nya, gunting sampai tepat pada tanda kapur jangan sampai lewat.



Berikan juga tanda kapur pada kain yang akan menjadi sambungannya dengan lebar yang sama seperti kain yang pertama, gunting dan berikan lebihan juga sebesar 1 cm untuk jahitan.



Kemudian mulai proses menjahit, tempatkan kain yang di gunting sudutnya pada bagian atas dan kain sambungannya di bawah selanjutnya jahit sampai pada bagian sudut kain yang di gunting.



Tempatkan jarum tepat pada posisi guntingan disudut kain tersebut, lalu kain tersebut kita putar sehingga posisinya menjadi sama dengan kain yang ada di bawahnya, setelah itu jahit kembali. Lakukan hal yang sama untuk sudut yang satunya



Jika sudah maka hasilnya akan tampak seperti ini, setelah itu obras lah bagian ujung kain yang berada di dalam agar tidak terurai. 



Sebenarnya prosesnya bisa dikatakan sudah selesai tapi di karenakan adanya guntingan pada bagian sudut maka agar lebih kuat maka jahit setik lah pada pinggirannya sehingga hasil akhirnya akan tampak seperti berikut.



Penerapan jahitan variasi seperti di atas bisa untuk kombinasi padapembuatan baju-baju muslim, baju kurung atau gamis, baju koko, blouse, dress dan lainnya, dengan diberikan hiasan berupa bordir, payet atau pun sulaman sederhana pada bagian pinggir sambungannya sehingga tampak lebih indah.

Setelah membaca artikel ini semoga Anda tidak bingung lagi jika dihadapkan dengan jahitan sambung siku seperti itu, silahkan dipraktekan dan terima kasih atas kunjungannya, silahkan melihat daftar isi blog ini siapa tahu ada artikel menjahit lainnya yang Anda butuhkan


Comments

Popular posts from this blog