cara mudah membuat lengan balon


Lengan balon merupakan variasi jahitan lengan dengan model menggembung, untuk membuat lengan seperti ini dengan cara mengerut satu lembar kain dengan panjang minimal 2 kali lebih panjang dari ukuran lengan sehingga menjadi ukuran lengan.


Waktu bekerja di sebuah tempat menjahit baju-baju wanita dulu, saya sering mendapat potongan baju yang harus di kerjakan dengan aneka macam model yang unik dan rumit, salah satu nya adalah model baju dengan lengan balon ini.

Setelah saya berhenti dan memutuskan untuk membuka tempat usaha menjahit sendiri, sekarang sudah jarang mendapat jahitan baju wanita dengan model rumit tersebut, sekali nya ada pun saya tolak dengan alasan keterbatasan sumber daya manusia yang saya miliki, padahal sebenarnya saya bisa mengerjakannya, tetapi entah mengapa setelah lama hanya mengerjakan baju-baju pria dan permak, menjahit baju wanita dengan model rumit dan unik ini bawaannya malas. Mungkin juga ada yang sama seperti saya.

Pada tutorial menjahit kali ini saya akan memberikan cara membuat lengan balon yang menggembung di bagian siku ke bawah, untuk membuatnya kita ukur dahulu besar lingkar tangan berapa kemudian siapkan dua lembar kain, yang satu adalah kain baju dengan ukuran 2 sampai 3 kali lebih panjang dari ukuran lingkaran tangan tersebut, sedangkan kain yang satu lagi adalah kain pelapis untuk bagian dalam nya, supaya lengan balon yang kita buat tidak berubah posisi nya setelah jadi.

Untuk lebih jelas bagaimana pembuatan dari lengan balon ini silahkan menyimak langkah-langkah pengerjaannya berikut ini:

  • Pertama kita kerut bagian atas dan bawah dari kain baju yang panjangnya 3 kali lebih panjang dari kain pelapisnya, sehingga setelah berkerut menjadi seukuran lingkar tangan, jika belum tahu cara mudah membuat kerutan pada kain, silahkan menyimak tutorial saya yang lalu.




  • Setelah itu satukan kain yang sudah di kerut tersebut pada kain pelapisnya kemudian jahit tindas atasnya sekali.



  • Setelah itu kemudian jahit bagian sisi nya lalu balik keluar sehingga membentuk lingkaran tangan lalu jahit bagian kerutan atas supaya menyatu dengan kain pelapisnya agar posisinya tidak berubah saat akan di sambung dengan potongan tangan atasnya nanti



  • jahit bagian sisi kain potongan tangan atas  kemudian obras pinggirannya tirasnya



  • Jahit bagian sambungan  tangan atas dengan sambungan tangan bawah



  •  Lalu obras bagian tiras sambungan tersebut supaya tidak terurai setelah lama di pakai



  • Hasil dari pembuatan lengan balon kurang lebih akan terlihat seperti pada gambar 



Cara pembuatan seperti ini juga bisa digunakan untuk model pakaian yang lainnya seperti badan baju, pembuatan rok balon yang lain sebagainya sesuai dengan kebutuhan. untuk pola lengan balon ini sendiri tidak ada yang khusus, jadi pola lengan biasa yang di gunting dengan jarak sesuai keinginan, misalnya di tengah, lalu kita buat bentuk balon dengan jarak lebar sesuai dengan pola guntingan tersebut kemudian di sambungkan dengan potongan lengannya.

Untuk menghasilkan bentuk yang benar benar menggembung, kita bisa menambahkan kain tile pada tengah antara kain baju dengan kain pelapisnya, kain tile tersebut di kerut bersamaan dengan kain baju baru setelah itu di jahit ke kain pelapisnya. Model baju yang menggunakan kain tile ini seperti gaun pesta, gaun pengantin, baju untuk keperluan khusus seperti kostum menari, dan lain sebagainya.

Demikian cara membuat lengan balon yang bisa saya sampaikan pada tutorial kali ini semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungan Anda. Sampai jumpa pada tutorial berikutnya.

Comments

Popular posts from this blog