cara memasang bisban isi



Pada artikel sebelumnya saya pernah memberikan tutorial bagaimana cara mudah memasang bisban untuk melapis bagian bagian tepi dari pakaian yang sedang kita jahit. Maka ini adalah merupakan lanjutan dari tutorial tersebut.


Tutorial kali ini saya akan memberikan cara memasang bisban isi dengan menggunakan sepatu sebelah, berbeda dengan bisban biasa, yang di gunakan untuk melapis pinggiran dari baju, maka bisban isi ini di pakai untuk membuat variasi pada baju agar terlihat lebih bagus. Biasanya model baju yang menggunakannya adalah pada bagian sambungan kain, seperti sambungan princess, bagian depan baju, klep saku, manset tangan, kerah, dan bagian lainnya sesuai dengan model dari baju tersebut.

Untuk standar warna bisban yang dipasang pada kain baju biasanya yang sewarna dengan warna kain baju tersebut, tapi tidak jarang berbeda warna nya, hal ini boleh saja di lakukan  jika memang model baju yang di jahit memang harus seperti itu, atau karena permintaan pelanggan kita.



Untuk pemasangan dari bisban ini terbilang mudah untuk dilakukan cukup dengan beberapa langkah pengerjaan maka selesai, tekhnik yang di gunakan untuk menjahitnya adalah sebagai berikut, silahkan Anda simak


  • Pertama kita harus menjahit bisban ini pada kain di bagian ujung nya, maksud dari penjahitan ini agar posisi bisban tidak berubah saat akan di jahit pinggiran yang ada isinya. Untuk menjahit nya pertama letakan kain baju dibawah kemudian tempatkan bisban di atas nya lalu tutup dengan sambungan kain baju setelah itu jahitlah dari ujung  ke ujung sampai selesai





  • Setelah jahitan pertama selesai kita kerjakan selanjutnya adalah menjahit sekali lagi pada pinggiran bisban yang ada isinya, jahitlah benar-benar tepat pada pinggiran bisban tersebut agar hasil nya terlihat bagus, Anda juga bisa menggunakan sepatu khusus resleting jepang untuk menjahit bisban ini jika tidak ada sepatu sebelah.





  • Jika sudah selanjutnya obraslah pinggiran kain nya agar tiras kain nya tidak terurai setelah sekian lama di gunakan





  • Balikan kain yang sudah di pasang bisban tersebut lalu jahit stik di salah satu pinggirannya.





  • Dan hasil akhir dari pemasangan bisban isi ini akan terlihat seperti gambar berikut ini




Bisban isi ini bisa kita buat sendiri dengan cara memotong dari kain  serong setelah itu untuk isi nya bisa dengan tali kur belang yang biasa di gunakan untuk variasi ban pinggang pria,  tapi gunakan cara ini jika Anda tidak sempat ke toko peralatan menjahit sementara waktu sudah mepet sekali.

Demikianlah tutorial cara menjahit dan memasang bisban isi, silahkan di praktekan jika saat ini Anda belum bisa

Comments

Popular posts from this blog