cara membuat hiasan dasi spiral pada bagian depan baju



Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan  tutorial membuat dan menjahit dasi spiral, yang merupakan hiasan dada pada baju wanita, dasi spiral ini di buat dengan cara menggunting kain berbentuk spiral untuk selanjutnya di jahit di tengah dada.


Namun pada perkembangannya, dasi spiral ini bisa di aplikasikan bukan saja pada tengah dada, tapi bisa untuk di tempatkan di semua bagian pakaian baik atasan maupun bawahan, karena dasi spiral ini merupakan hiasan variasi untuk jahitan tergantung dari model pakaian yang di jahit.

Untuk membuat dasi spiral ini yang paling bagus adalah menggunakan kain jatohan, yaitu kain yang sangat halus dan lemas seperti satin, tisu dan yang semacam itu, dengan menggunakan kain jenis ini bentuk spiralnya lebih terlihat jika di bandingkan dengan menggunakan kain yang keras dan kaku.

Tidak perlu panjang lebar lagi, berikut ini adalah cara dari pembuatannya silahkan disimak.


  • Pertama kita gambar dengan menggunakan kapur pada kain membentuk lingkaran bulat setelah itu gunting seperti gambar di bawah ini





  • Lalu bagian pinggirannya di neci dengan menggunakan mesin neci. Bisa juga dengan di jahit menggunakan sepatu neci seperti yang pernah saya berikan tutorialnya pada artikel yang lalu. Setelah itu jahit pada bagian kain pakaian yang di inginkan dengan cara  di luruskan jahit dari atas ke bawah sampai terjahit semua.






  • Jika sudah di jahit, maka secara otomatis bentuknya akan menjadi spiral dan meliuk-liuk seperti pada gambar di bawah ini.




Banyak sekali model pakaian yang menggunakan variasi kain dengan bentuk spiral ini, sebagai contoh model pakaian yang menggunakan dasi spiral ini seperti blus dengan bukaan depan, dasi spiral ini di selipkan di bagian pinggir kiri dan kanan dari bukaan baju tersebut.

Demikian tutorial singkat mengenai cara pembuatan dan penjahitan dasi spiral sebagai hiasan dan variasi jahitan yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, silahkan di praktekan dan terima kasih atas kunjungannya. Sampai bertemu pada tutorial berikutnya.


Comments

Popular posts from this blog