cara menjahit rok tanpa ban pinggang atau lossban



Rok atau celana loss ban adalah model pakaian yang tidak menggunakan ban pada bagian pinggangnya, sebagai gantinya pada bagian  pinggang rok atau celana tersebut di selesaikan dengan menggunakan jahitan lapisan.

Biasa nya model celana atau rok yang tidak menggunakan ban atau lossban ini banyak di gunakan pada celana wanita, jika pada celana pria sejauh yang saya tahu adalah pada celana satpam, dan celana pria model jaman dulu.

Pada kesempatan ini saya kebetulan mendapatkan jahitan rok model loss ban dengan resleting jepang pada bagian pinggirnya, sebagai informasi jika Anda mendapat jahitan dengan model resleting di pinggir, maka tempatkanlah resleting tersebut pada sisi sebelah kiri.

Agar lebih jelas bagaimana cara menjahit rok loss ban ini berikut adalah langkah-langkah pengerjaannya, silahkan di simak sebagai berikut:


  • Jahitlah semua kupnat, sekeng atau lipit pantas yang ada pada kain rok baik depan maupun belakang. Seperti pada gambar berikut





  • Letakan kain pislin di bawah kain rok yang sudah terjahit bagian kupnatnya tersebut kemudian gunting kain pislin mengikuti bentuk lengkungan kain rok. Guntinglah kain pislin pada bagian yang melebar jangan yang memanjang.





  • Kain pislin tersebut untuk lapisan dari lingkar pinggang ini nantinya, untuk lebarnya sendiri adalah 6 cm. boleh lebih tapi sebaiknya jangan kurang.





  • Setelah itu tempelkan kain pislin ke kain sisa guntingan rok dengan menggunakan setrika, jika bahan sisa guntingan cukup tempel secara menyerong, ini di maksudkan agar kain lapisan bisa mengikuti bentuk pinggul nantinya, jika pislin sudah menempel lalu gunting mengikuti bentuknya, kemudian obras pada bagian bawahnya





  • Selanjutnya kita pasang resleting jepang pada kain rok setelah kain rok tersebut di obras pada semua bagian pinggirnya kecuali di bagian atas. Jika Anda belum tahu cara memasang resleting jepang silahkan baca artikel saya yang lalu.






  • Jika sudah selanjutnya pasang kain lapisan ke kain rok seperti ini, untuk pemasangan lapisan bisa membaca tutorial yang sudah saya sampaikan





  • Untuk bagian ujung dari lapisan yang menempel pada resleting jepang jahit seperti ini, jika Anda belum mengetahui cara menjahitnya silahkan baca tutorial yang terdahulu






  • Kemudian satukan bagian rok depan dan belakang nya pada bagian persambungan Antara lapisan dengan kain rok berikan jarum pentul agar posisi jahitan setelah jadi sama rata





  • Setelah proses ini selesai maka selanjutnya agar lapisan tersebut tidak terbuka, maka jahit tindaslah dari luar tepat pada setiap bagian jahitan kupnat rok, atau jika mau Anda bisa menjahit menggunakan tusuk soom tangan.






  • Maka hasil dari pembuatan rok lossban ini akan seperti tampak pada gambar.




Setelah itu Anda bisa melangkah ke proses selanjutnya yaitu mengelim bagian bawah dari rok tersebut, bisa dengan di jahit langsung atau di jahit soom, dan selanjutnya tinggal di setrika.

Lantas bagaimana jika suatu ketika ada pelanggan yang menginginkan model rok atau celana loss ban ini juga menggunakan karet pada bagian tersebut? Anda tidak usah bingung karena pengerjaannya sangat mudah sekali, berikut adalah langkah-langkahnya:


  • Setelah lapisan di pasang dan bagian kain rok di satukan, maka sebelum kain lapisannya di jahit, kita pasang karet kolor yang bagus selebar 2.5 cm dan panjang setengah dari jarak antar kupnat.





  • Selanjutnya tutup karet tersebut dengan kain lapisannya, kemudian di bagian depan jahit pada bagian sisi karet sepanjang  kain yang ada karetnya.





  • Lalu pada bagian tengah dari jahitan tersebut jahit kembali sebanyak satu jalur, jahitan menimpa karet tersebut sambil kain di tarik secara maksimal agar tidak ada bagian yang berkerut.





  • Maka hasilnya akan tampak seperti ini




Karena rok yang kita buat menggunakan resleting jepang, maka Anda tidak perlu memberikan kancing hak lagi, karena dijamin tidak akan  merosot saat digunakan, mungkin ini merupakan kelebihan dari resleting jepang. Tapi ada juga penjahit yang memakai kan kancing hak, ini sebetulnya tindakan yang kurang bermanfaat kecuali hal tersebyt atas kehendak pelanggan.

Demikian tutorial cara menjahit rok lossban yang bisa saya sampaikan kali ini, semoga bermanfaat dan silahkan di praktekan, jika ada yang belum mengerti silahkan bertanya di kolom komentar. Dan terima kasih banyak saya ucapkan atas kesediaan Anda meluangkan waktu membaca artikel saya ini, sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Comments

  1. Mau tanya donk.. Kalau jahit baju/gamis biar gak pake skengan.. Cz klo ad skeengan kyak baju jaitan dan g modis

    ReplyDelete
  2. Mksdnya gmna cranya biar jahitan baju gak membutuhkan sekengan. Mohon infonga

    ReplyDelete
    Replies
    1. pada saat membuat pola, ukurannya tidak perlu di tambahi untuk sekeng, misalnya ukuran pinggang baju 80 cm, maka pola bajunya 80 cm juga, sekeng ini tidak wajib di gunakan, biasanya untuk baju wanita memang menggunakannya agar terlihat lebih membentuk tubuh

      Delete
  3. sangat bermanfaat makasi ukhty:) salam kenal

    ReplyDelete
  4. sy masih pemula, sy cb lihat caranya tp blm paham, tlg mbak cara buat rok sarung tanpa digunting pakai pola gmn ya mbak, tq

    ReplyDelete

Post a Comment

silahkan bertanya tentang tutorial ini jika belum mengerti

Popular posts from this blog