cara menambal celana sobek dengan mudah



Celana atau baju yang sudah lama di gunakan memang akan sobek jika celana biasanya di bagian lutut dan pantat, jika baju biasanya di bagian ketiak dan kerah. Pakaian yang sudah sobek tentu saja sudah tidak layak untuk di gunakan, tapi biar pun demikian bagi sebagian orang yang sudah merasa nyaman dengan pakaian tersebut rasa nya sayang jika harus di buang begitu saja, maka mereka akan menambal pakaian tersebut untuk bisa di gunakan kembali.


Sebagai seorang tukang jahit, kita juga harus menguasai tekhnik menambal celana ini, karena pekerjaan permak semacam ini pasti selalu saja ada, dan sangat di sayangkan jika kita menolak nya hanya karena alasan tidak bisa atau tidak mau mengerjakannya, karena jenis pekerjaan tersebut termasuk mudah dan cepat untuk di lakukan, kecuali kalau kita memang sedang sangat sibuk dan tidak ada waktu.

Saat sedang mengerjakan jahitan permak dari pelanggan, yaitu mengecilkan 3 celana seragam sekolah, saya lihat ternyata bagian lutut salah satu celana ini sobek, mungkin karena celana tersebut sudah lama di gunakan. Akhirnya saya memutuskan untuk membuat tutorial bagaimana menambal celana yang sobek ini, siapa tahu ada yang belum tahu cara pengerjaannya bagaimana, oleh karena itu silahkan di simak sebagai berikut:



  • Pertama kita tempelkan kain yang sama warna nya dengan warna celana di bagian dalam menutupi lubang sobekan. Pada tutorial ini saya menggunakan bahan bekas dari potongan celana yang di kecilkan tersebut.


  • Kemudian di bagian depan jahit sekeliling lubang tersebut, jahitan boleh bulat atau kotak sesuai selera, ini di maksudkan agar posisi kain tambalan yang ada di bagian dalam tidak berubah.


  • Setelah itu pegang tuas pengangkat sepatu mesin dengan tangan kanan, lalu angkat sedikit dan tahan


  • Kemudian tangan yang kiri  memegang kain celana, jalankan mesin lalu gerakan secara zigzag sehingga jahitan menutupi lubang sobekan celana tersebut



  • Jika sudah selanjutnya gunting kain tambalan di bagian dalam tepat pada pinggir jahitan agar terlihat rapi


  • Hasil akhir akan terlihat seperti gambar berikut ini.



Biasanya celana yang sering di tambal dengan cara semacam ini adalah celana jeans yang sudah belel karena sudah di gunakan bertahun-tahun, tapi banyak juga pakaian model lainnya yang sobek karena berbagai sebab seperti terkena paku, karena jatuh dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya silahkan anda lihat video berikut ini



Demikianlah tutorial cara menambal celana yang sobek, semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya, silahkan membaca artikel saya yang lainnya dan sampai jumpa pada tutorial berikutnya.

Comments

Popular posts from this blog