cara mudah membuat ban pinggang celana wanita



Pada artikel yang lalu saya sudah memberikan tutorial bagaimana proses cara membuat ban pinggang celana pria, maka tidak lengkap rasanya jika belum memberikan tutorial membuat ban pinggang celana wanita. Maka dari itu pada artikel kali ini saya akan memberikan tutorial nya.


Untuk pembuatan band pinggang celana wanita lebih mudah jika di bandingkan dengan membuat ban celana pria karena tidak banyak peralatan yang di butuhkan dalam pembuatannya. Yang pertama  harus kita siapkan adalah kain band pinggang dari sisa kain celana dengan lebar 9 cm dan panjang di sesuaikan dengan lingkaran pinggang celana, jika tidak mau repot mikir, gunakan saja cara saya yaitu jika lingkar pinggang 60 cm sampai 80 cm maka siapkan 2 lembar kain band dengan ukuran 9cm x50cm,  jika ukuran lingkar pinggang lebih dari 80 cm maka tambah kan panjang nya menjadi 56 cm sampai 60 cm.

Setelah itu siapkan kain pislin dengan lebar 3.5 cm, guntinglah kain pislin ini secara lurus dan rata dengan terlebih dahulu di garis dengan penggaris agar memudahkan saat pemasangan dan menghasilkan band pinggang yang bagus, lalu siapkan juga kain keras band dengan lebar sama yaitu 3.5 cm juga, untuk panjangnya sesuaikan sesuai lingkar pinggang seperti yang sudah saya jabarkan di atas.

Jika pada celana pria, lebar band pinggang nya adalah 3.5 cm maka untuk celana wanita dan anak-anak lebar ban pinggang nya  lebih pendek sedikit yaitu 3 cm, dan pastikan kain keras ini di potong dengan cara menyerong bukan lurus.



Sedangkan langkah-langkah pengerjaan pembuatan band pinggang celana wanita ini, bisa Anda simak dalam tutorial dibawah ini:


  • Tempelkan kain pislin ke kain ban dengan cara di setrika berikan jarak 1 cm dari ujung lalu buat garis pada kain pislin tersebut, dengan lebar 3 cm.





  • Tempatkan kain keras ban pada tanda garis yang sudah kita buat tadi lalu satukan dengan cara di jahit pada kain band dengan jarak jahitan 5 mm dari ujung kain keras.







  • Tarik- tarik bagian bawah kain keras ban agar melar, fungsi dari penarikan ini agar band pinggang ini lebih lebar kebawah dan bisa mengikuti bentuk pinggul, sehingga tidak terasa menggigit saat di pakai.





  • Setelah itu tutup kain keras ban dengan ujung kain band lalu jahit dengan dengan jarak lebih kedalam sekitar 5 mm dari tepi





  • Buat juga kain ban yang satunya setelah itu satukan kedua band yang sudah jadi tersebut dengan cara di jahit dengan memberikan lebihan antara 3 sampai 6 cm untuk persediaan jika suatu ketika celana akan di besarkan




  • buka ujung jahitan masing masing kekiri dan kekanan lalu jahit bagian atas dan bawahnya




  • Sampai disini proses pembuatan ban sudah selesai tinggal Anda lipat dan gosok dengan setrika, agar hasil band ini lebih rapi sebelum di pasang pada bagian pinggang celana, tapi menyetrika band ini tidak mutlak, Anda bisa juga menyetrikanya terakhir setelah celana jadi.




Sebenarnya cara membuat ban seperti yang sudah saya jelaskan pada tutorial di atas bukan untuk celana wanita saja, tapi bisa juga di gunakan untuk yang lainnya seperti untuk rok dan celana pria, untuk celana pria dewasa ganti lah kain keras band nya dengan ukuran lebar 4 cm, satu hal yang perlu di ingat adalah celana pria yang menggunakan band pinggang seperti yang sudah saya jelaskan pada tutorial di atas ini biasanya adalah celana seragam sekolah yang tidak terlalu membutuhkan kerapian dalam pembuatannya. Atau bisa juga saat kepepet waktu pengerjaan. .

Demikianlah tutorial cara mudah membuat ban pinggang celana wanita yang bisa saya berikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat, selamat mencoba dan silahkan membaca artikel saya yang lain.

Comments

Popular posts from this blog