cara menjahit lapisan pada baju yang di pasang risleting jepang

Lapisan merupakan tekhnik jahit penyelesaian bagian pinggiran leher yang tidak di pasang kerah, pinggiran kerung ketiak yang tidak di pasang tangan atau pinggiran pinggang yang tidak di pasang band. cara pemasangannya adalah dengan menjahit kain lapisan tersebut pada pinggiran kain baju atau celana kemudian di jahit tindas pada pinggirannya lalu di soom atau di jahit biasa.
cara penyelesaian jahitan dengan lapisan ini merupakan tekhnik dasar yang harus di kuasai oleh tukang jahit, jadi jika kita belajar di tempat kursus jahit maka cara inilah yang akan di ajarkan pertama kali, saat kursus dulu saya tidak di ajarkan bagaimana cara ini, saya baru mendapatkan caranya setelah bekerja di tempat menjahit, biarpun tampak sepele, tapi kalau belum bisa cukup membuat puyeng juga karena harus berkali-kali bongkar pasang.

Jika Anda saat ini masih pemula dalam dunia menjahit pasti akan senasib dengan saya dulu, merasa bingung bagaimana menyelesaikan ujung jahitan lapisan ini pada sambungan yang di pasang risleting, terutama risleting jepang. oleh karena nya pada kesempatan kali ini saya akan memberi tutorialnya bagaimana cara yang benar untuk menjahit lapisan tersebut.

pada contoh di sini saya menjahit risleting jepang pada belakang leher baju dan akan di beri lapisan. karena ini hanya contoh maka warna risleting tidak sama dengan warna kain baju, harap di maklum. dan berikut ini adalah langkah-langkah pengerjaannya:

  • Setelah lapisan di beri kain pislin dan di obras sebelum lapisan di pasang ukur dahulu panjangnya dengan cara menempelkannya pada kerungan kerah, samakan ukurannya dengan lebar kain baju.


  • jahit ujung kain lapisan pada pinggir risleting jepang.



  • lalu jahit lapisan pada kerungan kerah

  • gunting stik pada pinggirannya agar saat di balik tidak centang


  • jahit tindas pada pinggiran lapisan tepat di sisi persambungan antara kain lapisan dan kain baju, tidak perlu terjahit semua sebisanya saja.



  • selanjutnya tinggal di balik dan hasil akhirnya harus tampak seperti gambar di bawah ini


  • jahit juga bagian yang sebelahnya dengan cara yang sama seperti yang sudah di ajarkan di atas, jika sudah maka hasil akhir akan tampak seperti gambar di bawah ini.



Jika belum jelas anda bisa menonton video berikut ini.



Demikianlah proses pemasangan lapisan pada baju yang menggunakan risleting jepang, semoga bisa menambah wawasan Anda yang belum mengetahui cara pemasangannya, dan terima kasih atas kesediaan meluangkan waktu membaca artikel ini, silahkan membaca artikel saya yang lainnya dan jika ada teman-teman Anda yang membutuhkan silahkan membagikan kepadanya.

Popular posts from this blog