cara menggunakan pendedel yang benar

Semua penjahit pasti tahu dengan alat yang satu ini, nama nya adalah pendedel atau dedelan, fungsi utama alat ini adalah untuk membuka benang pada jahitan yang salah, cara penggunaan nya sangat mudah sekali dan semua orang pasti bisa menggunakannya, tapi meski pun demikian masih banyak juga yang salah dalam menggunakannya, biasanya di lakukan oleh penjahit pemula, tapi tidak menutup kemungkinan penjahit yang sudah berpengalaman juga masih salah dalam menggunakan alat ini.
Saat Anda belajar di tempat kursus, pasti oleh guru pembimbing kursus akan di ajarkan cara menggunakan alat ini, jika bekerja di tailor atau butik Anda bisa tahu cara menggunakan alat ini dari bos atau sesama pekerja di tempat tersebut, bagaimana jika tidak kursus dan tidak kerja dan baru sekali mengenal dunia menjahit, maka Anda bisa mencari tahu kegunaan alat ini dari membaca buku atau dari situs di web yang banyak membahas tentang teori menjahit, salah satunya di sini.

Kalau sudah lama berkecimpung di dunia menjahit seperti saya ini, sudah sangat jarang menggunakan pendedel alasannya adalah karena sudah tidak banyak kesalahan dalam menjahit dan yang kedua adalah fungsi dari alat tersebut sudah tergantikan oleh gunting. jadi jika ada kesalahan dalam menjahit maka benang yang salah itu di buka dengan menggunakan gunting jahit. tapi bagi Anda yang masih pemula jangan mencoba menggunakan cara ini karena butuh penglaman dan cara yang benar, jika tidak bisa mengakibatkan bahan pakain menjadi berlubang.

sekarang kita mulai tutorial bagaimana cara menggunakan pendedel yang benar ini, yang pertama sekali harus di lakukan adalah kita harus mempunyai alat ini jika belum punya dengan cara membelinya di toko alat menjahit di kota Anda, jangan membeli di matrial atau toko elektronik karena pasti tidak akan ada.

  • pegang pendedel dengan tangan kanan, buka tutupnya dengan tangan kiri, jika Anda kidal maka urutan nya kebalikannya



  • masukan ujung pendedel ke dalam benang jahit yang akan di buka kemudian dorong sampai menyentuh pisau pendedel dan putus, lakukan pada benang berikutnya beri jarak beberapa langkah dari pemutusan benang yang pertama.



  • jika sudah selanjutnya tinggal menarik kain tersebut, maka dengan mudah akan terlepas selanjutnya tinggal kita bersihkan sisa benang tersebut.



  • untuk melubangi lubang kancing caranya adalah dengan menusukan ujung  pendedel kemudian mendorongnya sampai kain sobek dan berlubang, hati-hati jangan sampai lewat


  • hasil dari pelubangan akan tampak seperti gambar di bawah ini



Nah demikianlah cara yang benar dalam menggunakan alat ini, jadi penggunaan nya dengan di dorong bukan di angkat, bagi yang belum tahu kebanyakan di angkat, padahal ini akibatnya bisa patal sekali karena pendedel bisa patah.

jika dirasa masih belum jelas silahkan menonton caranya dalam bentuk video yang sudah saya unggah di youtube, silahkan tonton disini

sekian tutorial yang bisa saya berikan dan terima kasih atas kunjungannya, silahkan membaca artikel saya yang lain dan jika dirasa bermanfa'at silahkan di bagikan ke teman Anda.

Popular posts from this blog