cara membuat kancing bungkus

Kancing bungkus adalah kancing yang di bungkus kain yang sama dengan kain bajunya, biasanya untuk jenis pakaian wanita, pembuatannya menggunakan cetakan kancing bungkus, kancing bungkus terdiri dari 3 bentuk yaitu pipih, lonjong dan bulat
Sedangkan ukurannya juga berbeda-beda tergantung model baju yang di buat, paling kecil no. 18 dan paling besar no. 45 itu juga kalau tidak salah. untuk baju dengan model standar biasanya ukuran kancing yang di gunakan adalah no. 22, sedangkan no. 18 biasanya di gunakan untuk model baju yang banyak kancingnya, contohnya kebaya.


mesin kancing bungkus terdiri dari dua bagian, pertama besi untuk tempat menaruh cetakan yang pegangannya bisa di putar, dan yang kedua adalah cetakan kancingnya yang terdiri dari bagian bawah dan atas, ukuran cetakan kancing bungkus bisa kita beli secara terpisah di toko peralatan mesin jahit, demikian juga dengan kancingnya yang terbuat dari alumunium juga bisa kita beli secara terpisah, biasanya sebanyak satu gross atau 12 lusin, tapi kita bisa juga membeli secara lusinan di toko alat menjahit.

jika saat ini Anda banyak menerima orderan baju-baju wanita yang banyak memakai kancing jenis ini, maka alangkah baiknya jika membeli alat kancing bungkus ini, karena waktu akan menjadi lebih efisien jika di bandingkan dengan membuatnya di toko alat menjahit. lantas bagaimanakah proses pembuatan kancing bungkus ini, berikut adalah tutorial pembuatannya.

  • yang pertama masukan cetakan kancing bagian bawah ke lubang besi tempat kancing di buat, setelah itu masukan kancing bagian bawah ke dalam cetakannya



  • selanjutnya potong kain yang akan di buat kancing dengan besar1,5 kali dari ukuran kancing dan bentuklah membulat seperti pada gambar


  • kemudian masukan kedalam cetakannya sambil di tekan tekan agar kain masuk ke dalamnya semua


  • setelah itu putar pegangan besi pada alat kancing bungkus sampai mentok kedalam cetakan dan tidak bisa di putar lagi


  • lalu ambil cetakan dan keluarkan kancing yang berada di dalamnya, maka hasil akhir dari pembuatan akan terlihat seperti gambar di bawah ini


cara pembuatan dari kancing bungkus ini memang terbilang mudah, hanya saja jika kita membuatnya dengan tergesa-gesa biasanya kain untuk membungkus logam kancing tersebut mudah jebol, agar hal itu tidak terjadi maka buatlah kancing ini secara perlahan-lahan dan pastikan semua ujung dari kain yang membungkus logam kancing berada di tengah semua.
sebagai rumah dari kancing ini biasanya adalah terbuat dari tali sengkelit yang di bentuk sesuai besar ukuran dari kancing bungkus tersebut. untuk itu kita juga harus bisa membuat tali sengkelit ini, jika Anda belum bisa membuatnya silahkan membaca artikel saya yang lain.

Baca: cara mudah membuat dan memasang tali sengkelit

Untuk lebih jelasnya silahkan menonton video berikut ini



demikianlah proses pembuatan kancing bungkus, cukup mudah bukan? terima kasih atas kesediaan Anda meluangkan waktu membaca artikel ini semoga menambah wawasan Anda khususnya dalam proses membuat kancing bungkus, jika dirasa bermanfaat silahkan membagikannya ke teman-teman Anda  yang lain dan silahkan membaca artikel  saya yang lainnya.

Popular posts from this blog