cara menjahit kampuh perancis ( jahitan sarung)

kampuh perancis adalah jahitan dua jalur, seperti yang terdapat pada jahitan sarung, fungsi dari jahitan ini adalah untuk menyatukan dua lembar kain menjadi satu, sedangkan kelebihannya adalah kita tidak perlu mengobras pinggiran kainnya, karena jahitan pada kainnya sudah saling menutupi.
selain pada sarung pengaplikasian dari tekhnik jahit ini bisa juga pada jenis pakaian lain seperti baju kemeja, celana satpam, sprei, gorden, celana kolor, celana jeans pembuatan bendera dan jenis pakaian yang lainnya sesuai dengan modelnya.

mungkin timbul pertanyaan, kan jahitan dua jalur bisa juga di kerjakan dengan cara menjahit pinggiran kain tersebut lalu di obras kemudian di jahit atasnya sebanyak dua kali? jawabannya memang bisa, tapi kekurangan cara menjahit seperti ini adalah pada bagian yang melengkung akan menghasilkan jahitan yang mengkerut, ini tentu saja berbeda dengan jahitan kampuh perancis akan menghasilkan jahitan yang rata dan tidak mengkerut walaupun yang di jahit sambung adalah kain dengan pola melengkung seperti pada kerungan lengan, atau lingkar pesak celana

karena banyaknya jenis pakaian yang bisa di jahit dengan menggunakan tekhnik menjahit sarung atau kampuh perancis ini maka ada baiknya kita menguasai nya, lantas bagaimanakah cara membuat kampuh prancis ini, berikut ini adalah tutorial langkah demi langkah pengerjaannya.

  • pertama susun sisi dua lembar kain yang akan di satukan, beri lebihan sekitar 1 cm pada sisi kain bagian bawah 

  • kemudian lipat sisi kain bagian bawah yang mempunyai kelebihan 1 cm tadi sehingga menutupi sisi kain bagian atas, lalu jahit dan beri lebihan sekitar 6 mili dari pinggir kain



  • hasil setelah di jahit akan tampak seperti gambar berikut


  • jika sudah di jahit selanjutnya buka sambungan kain lalu lipat sekali lagi ujung jahitan agar menutupi jahitan yang pertama, jahit tepat pada pinggirnya sambil bagian kiri dan kanan kain di tarik agar hasil jahitan rata sempurna dan tidak ada yang menggembung. 

  • dan inilah hasil akhir dari jahitan kampuh perancis ini


  • jika di balik maka bentuk jahitannya akan tampak seperti gambar ini


jika di rasa masih belum mengerti dengan apa yang sudah saya sampaikan di atas, Anda bisa menonton artikel ini dalam bentuk video yang sudah saya unggah di youtube, silahkan menontonnya disini

Demikianlah cara untuk membuat jahitan kampuh perancis yang bisa saya sampaikan dalam kesempatan kali ini, jika belum bisa silahkan untuk mempelajari dan mempraktekannya. Semoga bisa bermanfaat buat Anda yang belum tahu, silahkan membaca artikel saya yang lainnya.

Popular posts from this blog