cara cepat dan mudah mengasah gunting kain


Gunting merupakan bagian yang sangat penting dan tidak bisa di pisahkan dalam dunia menjahit, gunting berperan mulai dari proses awal hingga akhir pada pembuatan sebuah pakaian, dengan gunting yang tajam akan menghasilkan potongan kain yang rata dan bagus,karenanya mempunyai gunting yang tajam sepertinya menjadi keharusan bagi seorang penjahit.

Saat kita membeli sebuah gunting baru belilah gunting yang semua bagiannya dari besi semua, jangan membeli gunting yang gagangnya terbuat dari plastik karena tidak akan awet, ini berdasarkan pengalaman saya pribadi yang membeli gunting dengan gagang plastik, ternyata hanya berumur sebentar karena saat saya gunakan untuk memotong bahan yang tebal gagannya patah, oleh karena itu untuk keperluan memotong kain belilah gunting yang dari besi dan berukuran 9 inch atau 10 inch biarpun lebih mahal tapi sebanding dengan ke awetannya, kalau dulu gunting yang bagus itu merknya cap mata gunting ini istimewa karena terbuat dari bahan baja tapi sekarang sepertinya sudah tidak ada yang jual lagi, sekalipun, ada harganya cukup aduhai yaitu sekitar 300 ribu. jadi gunting dengan merk butterfly, singer atau merk lainnya saya rasa sudah cukup memadai.

saat membeli sebuah gunting baru, sudah tentu gunting tersebut dalam keadaan tajam dan siap di gunakan untuk memotong bahan, memutus benang, menggunting stikan dan lain-lain sesuai kebutuhan, tapi seiring berjalannya usia pakai pada gunting tersebut tingkat ketajamannya akan berkurang, terkadang gunting juga menjadi tidak tajam kalau keseringan jatuh.

Ciri-ciri gunting yang sudah tidak tajam atau tumpul adalah saat di gunakan menggunting tidak menghasilkan guntingan yang rata dan susah dalam memotong kain apalagi kain yang tebal seperti bahan celana sehingga membutuhkan tenaga ekstra dalam mengerjakannya. jika sudah tumpul lantas apakah bisa gunting tersebut di buat menjadi tajam kembali? jawabannya tentu saja bisa dan prosesnya sangat mudah sekali untuk di kerjakan oleh siapa saja baik yang sudah mahir maupun masih pemula.

Lantas bagaimana cara untuk menajamkan kembali gunting tersebut? caranya dengan mengasah gunting tersebut menggunakan batu asahan atau jika tidak punya bisa juga menggunakan kertas hampelas kasar atau batu gerinda, untuk lebih jelasnya silahkan menyimak tutorial yang akan saya berikan berikut ini:

  • pertama siapkan batu asahan seperti gambar berikut ini, jika tidak ada bisa juga menggunakan kertas hampelas atau batu gerinda.




  • kedua siapkan gunting yang akan kita asah, coba perhatikan gambar di bawah ini, bagian inilah yang harus kita asah, dan jangan sampai salah.



  • tempelkan bagian yang harus di asah tersebut ke batu asahan kemudian lakukan gerakan maju mundur dengan posisi gunting agak menyerong, tambahkan minyak mesin pada permukaan batu asahan agar licin, jangan menggunakan air karena akan menyebabkan gunting menjadi berkarat.



  • lakukan pengasahan pada kedua bagian gunting tersebut, dan jika di rasa sudah cukup tajam lakukan percobaan dengan cara menggunting-gunting kain sisa.

Selain cara di atas Anda juga bisa menggunakan cara kebalikannya yaitu dengan cara menggosokan batu asahan ke guntingnya, caranya pegang gunting dengan tangan kiri dan batu dengan tangan kanan lalu gosokan batu  ke gunting sampai dirasa sudah tajam, memang agak sulit jika belum terbiasa mendingan menggunakan cara yang saya ajarkan di atas saja karena lebih aman dan di jamin menghasilkan gunting yang tajam. oh iya selain gunting Anda juga bisa menggunakan cara ini untuk mengasah pisau, golok, dan benda tajam lainnya.

Agar lebih jelas silahkan menonton video berikut ini.




Atau jika tidak mau repot mengerjakan sendiri, Anda bisa menyuruh tukang asah pisau yang biasa nya lewat, tapi itu sekitar 10 tahunan yang lalu, entah mengapa kalau sekarang tukang asah ini sangat jarang di temui, mungkin kalau di pasar atau di daerah Anda masih ada. 

Demikianlah tutorial cara mengasah gunting yang bisa saya berikan pada artikel kali ini, semoga bisa bermanfaat, jika ada yang belum di mengerti silahkan bertanya di kolom komentar dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke teman Anda yang lain, terima kasih atas kunjungannya dan silahkan membaca artikel saya yang lainnya.

Comments

Post a Comment

silahkan bertanya tentang tutorial ini jika belum mengerti

Popular posts from this blog