cara membuat belahan pinggir pada kemeja batik bervuring

Semenjak bapak wakil presiden kita pak Jusuf kalla di tahun 2005 mencanangkan program hemat energi yaitu salah satu nya dengan mengharuskan mengganti memakai jas dengan batik, maka sejak saat itu sampai sekarang batik menjadi pakaian populer. di hari-hari tertentu para karyawan baik dari negeri maupun swasta di wajibkan memakai batik, hal ini tentu saja ikut mengangkat UKM pengrajin batik di daerah-daerah demikian juga dengan para penjahit.

yang unik dari batik adalah cara memotong kainnya yang harus sama bertemu pada motifnya, jadi tekhnik memotongnya harus sedikit lebih hati-hati agar tidak salah. penjelasan mengenai memotong bahan batik ini akan saya jelaskan di lain kesempatan, pada artikel kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana membuat belahan pinggir pada kemeja batik yang memakai vuring sebagai lapisannya.

dan berikut ini adalah langkah-langkah pengerjaannya:

  • yang harus di lakukan pertama kali adalah menjadikan dahulu bagian depan dari baju kemeja batik tersebut yaitu memasang vuringnya ke kain baju bagian depan

.
  • selanjutnya tempel kain vuring di depan dan kain bagian belakang di belakang, posisi penyusunannya lihat pada gambar



  • pada susunan ini kemudian jahitlah bagian bahu dan bagian sisi baju sampai batas belahan, perhatikan gambar pada baian posisi vuring dan kain harus dalam posisi seperti ini.



  • lanjutkan dengan menggunting kain vuring depan dengan kain baju bagian depan gunting stik sampai pada jahitan batas belahan, jangan sampai vuring belakang atau kain baju bagian belakang ikut tergunting.


  • balik kain vuring dan kain baju bagian depan yang sudah di gunting tadi sehingga posisinya jadi seperti pada gambar lalu jahit



  • jika vuring depan dan kain baju sudah di jahit selanjutnya balik kembali sehingga bentuknya akan terlihat seperti pada gambar


  • selanjutnya tinggal tempelkan kain vuring bagian belakang dengan kain baju bagian belakang lalu jahit, kain baju bagian depan jangan sampai ikut terjahit.





  • setelah kedua kain vuring depan dan belakang terjahit pada kain baju, maka akan tampak seperti gambar ini, selanjutnya Anda tinggal menjahit pinggiran belahan nya



  • dan hasil akhirnya akan tampak seperti pada gambar




Selain cara yang saya berikan di atas ada juga cara yang lainnya, yaitu seperti menjahit vuring pada jas, agak sulit pengerjaanya dan memakan waktu lebih lama, jadi saya lebih memilih cara seperti ini untuk mengerjakan belahan pada kemeja batik yang menggunakan vuring.

demikianlah tutorial yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfa'at untuk Anda, terima kasih atas kesediaannya mampir di blog ini, silahkan membaca artikel saya yang lain dan jika ada teman yang membutuhkan silahkan di bagikan kepadanya.

Popular posts from this blog