cara memasang kancing yang kuat dan tidak mudah lepas

Satu proses dalam pembuatan baju yang sepertinya nampak sepele namun mempunyai pengaruh yang besar adalah memasang kancing, kancing baju yang di pasang haruslah kuat dan tidak mudah lepas atau copot setelah di pakai oleh pelanggan kita beberapa waktu. apalagi jika baju yang di jahit menggunakan kancing khusus seperti kancing bungkus atau kancing yang tidak di jual di pasar, tentunya akan memalukan jika baru beberapa hari pelanggan datang kembali kepada kita dengan keluhan kancing bajunya copot dan minta di pasang kembali karena kita kurang kuat dalam memasangnya.
kata lain dari kancing adalah buah baju, fungsi utama dari benda ini adalah sebagai perapat baju yang di gunakan, bisa juga hanya sebagai hiasan dan tidak ada fungsi nya, jika kita membeli baju di pasar biasanya kancing nya mudah lepas, ini di karenakan cara memasangnya menggunakan mesin, disinilah peranan kita sebagai tukang jahit seharusnya memberikan servis yang memuaskan kepada pelanggan kita, salah satunya dengan memasang kancing yang tidak akan copot walaupun sudah di pakai selama bertahun-tahun.

jika saat ini Anda baru belajar menjahit dan belum tahu cara memasang kancing yang kuat dan tidak akan copot kembali maka ada baiknya menyimak tutorial yang akan saya berikan kali ini, dan berikut ini adalah langkah langkah pengerjaannya.

  • masukan dua helai benang kedalam jarum tangan sehingga hasil akhirnya ada 4 lembar benang, kemudian tarik panjangnya sesuai dengan yang di kehendaki lalu matikan ujungnya. tusukan jarum ke kain yang ada tanda kancing mau di pasang kemudian masukan jarum ke lubang yang ada di kancing sambil kancing tersebut di tahan dengan jari jempol, lakukan memasukan benang ke lubang-lubang tersebut masing-masing dua kali.

  • jika sudah selanjutnya belitkan benang pada leher kancing sebanyak dua kali agar benang tersebut benar-benar menjadi kuat dan tidak goyang saat di gerakan.


  • jika sudah tusukan jarum sehingga tembus kebelakang kemudian kunci jahitannya agar benang tidak terurai kembali


  • selanjutnya jika sudah di kunci maka guntinglah benang dengan memberikan lebihan sekitar 2 cm, jadi jangan di gunting pas di ujung kuncian karena inilah yang biasanya menjadi penyebab benang terurai setelah sekian lama baju di pakai, sedangkan agar lebihan benang yang dua cm itu tidak terlihat maka masukanlah benang tersebut ke dalam kain dengan cara menusukan jarum ke tengah kain baju


  • kemudian gunting benang tersebut



  • lakukan penarikan terhadap kancing untuk memastikan sudah kuat apa belum, jika sudah maka proses pengerjaan selesai dan baju siap untuk di pakai atau ke proses selanjutnya.




demikianlah langkah-langkah pemasangan kancing yang bisa saya berikan pada kesempatan kali ini, karena cara setiap penjahit berbeda-beda maka jangan heran kalau cara saya ini mungkin berbeda dengan cara penjahit lainnya, jika demikian jadikan saja sebagai penambah wawasan Anda.

jika dirasa masih belum mengerti tentang cara yang saya ajarkan disini, silahkan menonton artikel ini dalam bentuk video yang udah saya unggah di youtube. silahkan tonton disini

Popular posts from this blog