cara membuat lengan gamis manset panjang menggunakan resleting jepang

 selamat berjumpa kembali, untuk postingan kali ini saya ingin memberikan tutorial cara membuat lengan gamis yang menggunakan manset dengan panjang sekitar 10 cm, kemudian untuk bukaannya di berikan resleting dibagian pinggir antara sambungan.

yang pertama sekali kita buat adalah pola lengannya, untuk pola lengan ini adalah pola lengan biasa, namun dikurangi panjangnya sekitar 10 cm, karena yang 10 cm tersebut akan diganti menggunakan manset

coba anda perhatikan bentuk hasil akhir dari lengan gamis yang akan dibuat ini, kira kira begitulah hasilnya, lumayan bagus bukan? baik setelah pola lengan kita buat selanjutnya kita potong kain sesuai dengan pola lengan tersebut, lalu kemudian kita buat pola untuk bagian mansetnya, ukurannya bagian ujung atas dan bawah dibuat sedikit berbeda karena menyesuaikan dengan besarnya bagian lengan, untuk itu kita harus mengukur dahulu lingkar pergelangan lengan barulah dibuat polanya.

setelah kain lengan bagian atas selesai dipotong, maka selanjutnya kita buat kerut kerut dibagian ujungnya selebar manset, cara membuat kerutan ini bisa dengan menjahit sebanyak 2 jalur lalu di tarik tarik benangnya.

kemudian selanjutnya kita buat mansetnya, agar lebih bagus maka kita buat seperti pada gambar diatas yakni di berikan variasi berupa bisban yang dipasang dengan cara menyerong, lebar antara masing masing bisban ini adalah 4 cm.

selanjutnya kita tempel kain pislin ke kain manset, lalu pasang lapisan manset bagian dalam pada ujungnya, kemudian kita pasang manset ke kain lengan yang sudah kita kerut kerut tadi

lalu berikutnya kita pasang relseting jepang dimulai dari ujung manset atas sampai batas panjang resleting, atau sesuai ukuran yang dikehendaki.

setelah resleting dipasang maka proses pengerjaan selesai tinggal kita jahit tindas bagian sambungan antara manset dengan lengan. lakukan uji coba relseting dengan cara buka tutup, jika sudah lancar maka proses menjahit lengan gamis ini pun selesai, jika ada bagian yang seret maka harus dibongkar lagi dan dijahit ulang.

untuk langkah pengerjaan yang lebih jelas, silahkan menonton video berikut ini


demikian untuk postingan ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Comments

Popular posts from this blog