Tutorial mengganti karet elastik bawahan mukena yang sudah kendor atau rusak

pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara mengganti karet bawahan
mukena yang sudah kendor atau rusak agar kembali menjadi baru  kembali, kebetulan ada pelanggan
menjahit saya yang meminta untuk mempermak bagian bawah dari mukena nya, jadi saya buat sebagai
contoh untuk tutorial kali ini.


sebelum kita melangkah ke cara mengganti karet elastiknya ada baiknya saya perlihatkan dahulu
bagaimana bentuk dari bawahan mukena ini, yakni  mempunyai motif sekitar 3 warna yaitu warna
kuning, oranye dan juga ungu,  jika anda belum tahu panjang dari bawahan mukena yang berbentuk
seperti rok, panjangnya adalah 115 cm dengan lebar keseluruhan 115 cm atau 150 cm mengikuti lebar
dari kain yang digunakan untuk membuatnya.



dibagian karetnya sebetulnya masih belum terlalu kendur, hanya saja menggunakan karet kecil
berukuran 2 cm, hal ini yang menyebabkan pelanggan menjahit saya ingin menggantinya dengan karet
yang berukuran 3 cm, mungkin agar terlihat lebih bagus dan juga lebih nyaman saat dipakai.



untuk itu yang pertama saya lakukan adalah membuka jahitan untuk mengeluarkan karet elastik lama
yang masih menempel pada kain, setelah berhasil dikeluarkan maka terlihat bentuk dari karet elastiknya
yang lebar 2 cm ini sudah agar mengkerut, hal ini karena faktor pemakaian.




setelah karet elastik lama saya keluarkan, selanjutnya saya melipat kedalam dan menjahit kembali
bagian ujung kain tersebut dengan jarak lebar sekitar 4 cm, dan jahitan tidak saya tutup semua, namun
menyisakan sedikit untuk masuknya karet elastik baru dengan lebar sekitar 5 cm.




selanjutnya saya mempersiapkan karet elastik baru yang lebarnya 3 cm, lalu saya potong karet tersebut
dengan panjang 60 cm, atau setengah dari lebar kain keseluruhan, lalu saya berikan peniti pada salah
satu ujungnya untuk memudahkan dalam memasukan karet elastik tersebut ke dalam kain pinggang.





saya memasukan karet ke lubang kain lalu dengan kedua tangan mulai menggeser geser peniti agar
karet elastik masuk semuanya mengelilingi kain pinggang sampai ujung karet yang ada penitinya
tersebut keluar kembali. setelah itu tinggal menggabungkan ujung karet dengan cara dijahit.






setelah ujung karet dijahit selanjutnya kita harus menutup kembali bagian ujung kain yang belum terjahit agar lebih rapi.





dari sini sudah terlihat bagus bentuknya, namun agar posisi karet tidak berubah ubah, maka kita perlu
menjahit tindas bagian tengah dari karet elastik ini, jahitlah tepat di tengah karet, dan pastikan pada saat
menjahit kita tarik karet tersebut sampai renggang sempurna, hal ini agar nantinya jahitan tidak putus
saat mukena dipakai karena mampu mengikuti besarnya pinggang pemakai.





demikanlah cara untuk mengganti karet elastik sebuah  bawahan mukena yang sudah kendur atau pun
rusak agar kembali menjadi bagus, waktu untuk mengerjakannya sekitar 15 menitan, untuk ongkos
perbaikan nya saya mematok harga Rp.10000, dan untuk karetnya Rp.5000 jadi biaya keseluruhan
yang harus pelanggan jahit saya bayar adalah 15 ribu rupiah.


Comments

Popular posts from this blog