cara menambah karet pada ban pinggang celana kulot bahan kaos warna hitam

kali ini saya memperoleh jahitan permak berupa celana kulot warna hitam yang terbuat dari bahan kaos, pada bagian pinggangnya menggunakan bahan kaos juga yang bisa melar sehingga mampu mengikuti besar lingkar pinggang.
disini terlihat jika celana tersebut sedikit terbuka jahitannya pada bagian sambungan ban pinggang dengan ban celana, hal ini mungkin disebabkan oleh benang jahit yang terlalu dipaksa untuk meregang mengikuti besar badan pemakai celana ini sehingga akhirnya benangnya menjadi putus.






ban pinggang celana kulot ini mempunyai lebar sekitar 6 cm dan dikarenakan ban pinggang dari celana kulot ini hanya menggunakan kain kaos tanpa ada karet didalamnya, maka pemiliknya merasa jika saat celana ini di pakai kurang erat alias kendor dan takut melorot, oleh karenanya meminta saya untuk menambah karet di sekelilingnya.

untuk itu yang pertama saya lakukan adalah memberikan tanda sebesar 3 cm pada sekeliling ban pinggan celana tersebut, tanda ini nantinya akan diganti dengan jahitan, lebar 3 cm yaitu untuk besaran karet elastik yang digunakan.




kemudian saya jahit sekeliling mengikuti tanda yang sudah dibuat, namun tidak saya jahit semuanya, saya menyisakan sekitar 4 cm tidak saya jahit tepat pada bagian ban pinggang yang jahitannya terlepas





kemudian saya menyiapkan karet elastik lebar 3 cm dan panjang 50 cm untuk isian dari ban pinggang tersebut, saya menggunakan peniti untuk memudahkan saat memasukan karet ke ban pinggang





selanjutnya masing-masing ujung karet saya sambungkan lalu memasukan semuanya ke dalam ban pinggang,setelah dirasa posisi karetnya bagus, maka selanjutnya tinggal menutup jahitan yang masih terbuka, baik jahitan antara sambungan  ban celana dengan kain celana, maupun jahitan untuk karet.





khusus untuk jahitan sambungan ban pinggang dengan bahan celana, karena obrasannya hilang, maka harus di jahit obras ulang agar lebih rapi


sebagai langkah terakhir, adalah menjahit bagian tengah dari karet elastik, hal ini bertujuan agar posisi karet tidak berubah ubah ketika celana di pakai, setelah posisi karet bagus, maka kita jahit dengan cara menarik secara maksimal karet tersebut agar nantinya benang jahit mampu mengikuti
melarnya kain kaos dan tidak putus



hasil setelah dipasang karet
dan hasil setelah dipasang karet bisa Anda lihat pada gambar diatas, untuk proses pengerjaan membutuhkan waktu sekitar 10 menitan, dan saya memasang tarif Rp.10000 untuk biasa menjahitnya, itu sudah termasuk biaya jasa dan juga karet. demikian artikel yang bisa saya tulis pada kesempatan kali ini, semoga bisa menambah wawasan Anda, sampai jumpa pada artikel berikutnya

Comments

Popular posts from this blog