Cara mengganti resleting tas belanja yang rusak

untuk mendukung program ramah lingkungan, maka baru-baru ini diterbitkan peraturan diberbagai daerah yang tidak membolehkan lagi menggunakan kantong plastik untuk menaruh barang belanjaan saat belanja di minimarket, sebagai gantinya pembeli harus membawa sendiri kantong belanjanya dari rumah, atau membeli tas yang terbuat dari kain yang ada di minimarket tersebut.

tas untuk menaruh barang belanjaan ini banyak ragamnya, baik ukuran maupun jenis kainnya, ada yang model sederhana sampai yang di pasangi resleting, seperti tas yang saya dapat dari pelanggan menjahit saya ini, sepertinya ini tas di beli di negri singapura. namun sayangnya bagian kepala resletingnya copot sehingga tidak bisa di tutup, padahal jika melihat rel resletingnya masih bagus antara bagian kiri maupun bagian kanan.





untuk memasang kepala resleting bukanlah pekerjaan sulit, namun walaupun demikian membutuhkan sedikit kesabaran saat mengerjakannya. Disini saya memperhatikan dulu posisi resleting yang lebih mudah untuk memasukan kepala resleting tersebut. terlihat bahwa di bagian pojok kiri ada semacam kain yang di buat untuk membungkus ujung resleting. nah jahitan kain pembungkus inilah yang saya buka, kemudian saya keluarkan ujung resletingnya.





setelah itu saya menyiapkan sebuah kepala resleting yang baru, saya menggukan kepala resleting yang bagus yaitu merk YKK walaupun harganya sedikit lebih mahal dari yang biasa, namun dari ketahanan lebih baik, karena bahannya lebih tebal. langkah pertama untuk memasang kepala resleting ini adalah dengan memasukan sebelah rel resleting tersebut, lantas setelah masuk tinggal kita masukan yang sebelahnya lagi




lalu rel resleting kita pegang  dua-duanya dengan tangan kiri, sementara tangan kanan menjalankan kepala resleting agar masuk semua ke rel resleting.





jika sudah masuk sempurna, tutupkan rel resleting seluruhnya, dan perhatikan letak ujung rel sebelah kiri dan kanan apakah panjang sebelah atau tidak, jika masih panjang sebelah, maka terpaksa harus di keluarkan lagi untuk di posisikan sama rata. jika sudah pas antara ujung kiri dan kanan, maka selanjutnya tinggal menjahit kembali bungkus ujung resleting yang tadi dibuka dan pengerjaan selesai






bagaimana cukup mudah bukan? dan kiranya cukup sampai disini artikel yang bisa saya tulis dipostingan kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi anda yang saat ini kebetulan sedang mencara cara membetulkan resleting yang rusak kepalanya. sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Comments

Popular posts from this blog