cara memendekan dan mengecilkan lengan tunik bahan kaos dengan ujung manset bahan rib

kali ini saya mendapatkan jahitan permak berupa tunik lengan panjang berbahan kaos, berwarna abu tua, terdapat satu buah saku di bagian kanan bawah dan pada bagian saku tersebut dipasang merek bertuliskan Replica.
tunik kaos ini bagian lengannya yang menggunakan manset dari kain rib terlalu kepanjangan dan juga lingkar sikunya kebesaran, jadi pelanggan meminta saya agar dipotong dan sedikit di kecilkan.




untuk memendekan lengan kaos yang menggunakan manset lengan, pertama kita berikan tanda ukuran baru sesuai panjang lengan yang di kehendaki.



setelah itu kita ukur panjang mansetnya, disini panjang manset lengan adalah 5 cm



lalu kita berikan tanda lagi, naik 5 cm kebagian atas dari tanda yang pertama, ukuran 5 cm ini sesuai dengan ukuran panjang manset



setelah itu kita buat garis lurus lalu gunting dengan memberikan kelebihan sebesar 1 cm untuk kampuh.




untuk memotong bagian lengan yang satunya agar sama panjangnya, kita samakan dahulu bagian ujung atas dari lengan tersebut yang terjahit ke bagian bahu, setelah itu tinggal kita atur posisinya agar sama rata lalu tinggal di gunting mengikuti ukuran panjang lengan yang sudah kita gunting






selanjutnya manset yang terbuat dari kain rib ini kita buka dua-duanya



sekarang kita tinggal mengecilkan lingkar sikunya, buat tanda lingkar yang baru di bagian siku, dan juga ujung lengan sesuai ukuran yang diinginkan




setelah itu dengan menggunakan penggaris lengkung, kita hubungkan tanda tersebut dengan membuat garis lurus.




selanjutnya tinggal kita jahit mengikuti garis tanda yang sudah kita buat


gunting kelebihan kain, agar lengan tidak berkerut saat di balik


setelah itu agar rapih maka harus diobras bagian pinggir kampuhnya


jika sudah selanjutnya kita sampai pada proses terakhir yaitu memasang kembali manset lengannya, caranya tinggal kita masukan manset ke ujung lengan, berikan jarum pentul di bagian atas dan bawah setelah kita atur posisinya agar pas.




kemudian kita jahit sekeliling bagian pinggir dari manset yang menempel ke ujung lengan




lalu obras bagian pinggiran kampuh tersebut agar rapih dan mencegah kain terurai saat di cuci




proses pengerjaan selesai, selanjutnya kita ukur kembali panjang lengan dan lingkar lengannya, jika sudah sesuai keinginan maka baju tunik ini tinggal di lipat dan masukan kantong plastik siap di ambil oleh yang punya. Untuk proses pengerjaannya membutuhkan waktu sekitar 20 menit, dan saya mamatok tarif Rp.15000 untuk jasa menjahitnya.

kiranya cukup sampai disini postingan yang bisa saya sampaikan kali ini, semoga bisa bermanfaat dan sampai jumpa pada tutorial selanjutnya.

Comments

Popular posts from this blog