Tutorial permak menjahit tambal celana yang robek pada bagian dengkul

sebuah celana yang digunakan untuk menutupi bagian kaki ini jika robek maka akan kurang nyaman saat di pakai, selain rasa risih dilihat oleh orang lain, juga akan kurang nyaman saat di pakai, oleh karena itu kita harus memperbaikinya dengan cara di tambal. Maka untuk postingan kali ini saya akan memperlihatkan bagaimana cara menjahit tisik celana yang robek pada bagian dengkulnya, celana ini berwarna coklat muda dan berbahan dasar kaos.



celana yang akan saya tambal adalah buatan negeri china, hal ini bisa di buktikan dengan adanya merk di bagian belakang ban celana yang tertulis 'DuoliXiang', untuk model saku pinggirnya adalah model miring dan menggunakan resleting jepang agar bisa ditutup




pada bagian dengkulnya terlihat ada sedikit robekan disitu, mungkin terkait paku, mungkin karena terjatuh, dan kemungkinan lainnya yang saya tidak ketahui karena buat apa juga menanyakan ke pemiliknya, hehehe.



untuk menambal robekan pada celana yang besar begini, kita harus memberikan kain tatakan di bagian dalamnya, untuk memudahkan saat dijahit tisik nantinya. bahan untuk menambal haruslah yang semirip mungkin warnanya dengan warna kain celana, untuk jenis kain tidak masalah jika tidak sama.



setelah itu kita lakukan menjahit dengan bentuk kotak mengitari bagian yang robek, jika ingin bentuk lingkaran juga bisa. jahitan awal ini berfungsi untuk mengunci kain tambalan yang ada di bawah agar tidak lari kemana-mana saat di jahit tisik, dan juga sebagai penanda batas jahitan tisik




selanjutnya tinggal kita jahit tisik, caranya adalah dengan menjahit maju mundur sedikit demi sedikit sampai bagian yang berlubang tertutupi dengan sempurna, dan pastikan jahitan tisik ini menggunakan benang yang sama warnanya dengan kain celananya.


hasil jahit tisik pada celana robek

jika sudah dirasa cukup tertutup bagian robekannya, maka hentikan proses menjahit, balik celana agar bagian dalam yang ada di luar, lalu gunting kelebihan kain tambalan  agar terlihat lebih rapi.




Dan selesai, celana pun sekarang sudah bisa digunakan tanpa rasa cemas bagian aurat terlihat karena sudah ditambal, untuk upah menjahit seperti ini saya memasang harga Rp.5000. Kiranya cukup sampai disini artikel yang bisa saya tulis, semoga bisa bermanfa'at dan sampai jumpa di postingan berikutnya.

Comments

  1. Ibu ayah saya juga segitu i ongkosnya, Pak😄 Sama uy. Sukses terus ya, Pak.. Keadaan lagi sulit skg karna pandemi corona 😢 Harusnya menjelang lebaran jahitan rame kan ya, Pak.. Kecilkan baju, bikin baju, dll. Terus persiapan masuk sekolah, pesenan seragam atau pasang-pasang badge lah.. Eh sepi😆 Tapi insyaa Allah rizki pasti ada, terus semangat menjahit dan bikin artikelnya, Pak Dedi😊

    ReplyDelete

Post a Comment

silahkan bertanya tentang tutorial ini jika belum mengerti

Popular posts from this blog